Jawa Pos

Usulkan Tiga Ruas Jalur KA

-

GRESIK, Jawa Pos – Program reaktivita­si jalur kereta api Gerbangker­tasusila yang digagas pemerintah pusat dan pemprov diproyeksi­kan menyasar jalur rel di wilayah Gresik. Pemkab memastikan bakal mendukung proyek besar itu.

Tak hanya siap membantu proses aktivasi jalur rel yang berpotensi digunakan lagi, pemkab juga mengajukan usul penambahan jalur baru.

Bupati Sambari Halim Radianto mengaku sudah berkomunik­asi dengan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa soal rencana aktivasi jalur kereta di wilayah Gresik. ”Secara prinsip, kami sepakat dan siap mendukung program itu sesuai dengan kewenangan yang kami miliki,” katanya kemarin.

Ada sejumlah alternatif yang disiapkan dalam program reaktivasi jalur kereta di wilayah Gresik. Salah satunya adalah mengoperas­ikan lagi jalur KA rute Stasiun Kandangan (Surabaya) hingga Stasiun Indro. Opsi tersebut juga sudah dijajaki pemprov.

Orang nomor satu di Gresik tersebut juga menjajaki penambahan jalur kereta baru di kabupaten itu, terutama untuk kepentinga­n dunia industri di Kota Pudak. ”Ada beberapa ruas yang kami usulkan,” ungkap doktor lulusan Universita­s Airlangga tersebut.

Mana saja? Salah satunya, jalur kereta api yang terkoneksi dengan kompleks pelabuhan java integrated industrial port and estate (JIIPE) plus kawasan industri di wilayah Manyar. Jalur tersebut nanti benar-benar baru. Koneksinya bisa mengarah ke Stasiun Duduksampe­yan.

Selain itu, yang diusulkan adalah jalur baru kereta api menuju kawasan industri di wilayah selatan. Jalur tersebut bisa terkoneksi dengan jalur kereta rute Surabaya– Mojokerto. ”Kami berharap ruas ini bisa masuk rencana program. Sebab, ini bisa jadi salah satu alternatif moda transporta­si, terutama untuk sektor industri,’’ katanya.

Saat ini pemerintah pusat dan pemprov kembali menyeriusi pengembang­an moda transporta­si berbasis kereta api di wilayah Gerbangker­tasusila plus. Yakni, meliputi Gresik– Bangkalan–Mojokerto–Surabaya–Sidoarjo–Lamongan. Di luar itu, juga ada jalur rel di daerah lain yang diaktivita­si. Antara lain, Jombang dan Tuban.

 ?? ARIS/JAWA POS ?? POTENSI BEROPERASI: Stasiun Indro yang tak lagi aktif sejak 2017. Stasiun ini masuk rencana program pengembang­an moda transporta­si Gerbangker­tasusila di Jatim.
ARIS/JAWA POS POTENSI BEROPERASI: Stasiun Indro yang tak lagi aktif sejak 2017. Stasiun ini masuk rencana program pengembang­an moda transporta­si Gerbangker­tasusila di Jatim.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia