Jawa Pos

Menjelang HUT RI, Jembatan Merah Bersolek

-

SURABAYA, Jawa Pos – Menjelang peringatan HUT Ke-74 Kemerdekaa­n RI, pemkot terus mempercant­ik kawasan kota tua. Kemarin (3/8) tujuh pekerja dari Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) Surabaya mengecat besi Jembatan Merah. Tepatnya di sisi utara jembatan.

Warna merah pada besi-besi jembatan mulai kusam. Banyak yang catnya mengelupas. ’’Dibuat lebih terang karena kondisinya mulai mengelupas,’’ ujar salah seorang petugas, Syaiful. Dia mengatakan bahwa pengerjaan harus dilakukan pelan-pelan. Sebab, pola jembatan sepanjang 30 meter tersebut berlekuk-lekuk. ’’Takutnya cat tidak menempel ke semua sisi jembatan,’’ tutur pria asal Wiyung itu.

Warna merah yang dipilih, kata dia, lebih condong ke merah darah. Sebab, daerah Jembatan Merah dulu merupakan tempat pertumpaha­n darah para pejuang kemerdekaa­n. ’’Jadi, ketika melintas pengunjung merasakan bahwa di tempat ini dulu ada darah pejuang yang rela bertaruh nyawa untuk mempertaha­nkan kemerdekaa­n RI,’’ tuturnya.

Selain pengecatan, petugas membersihk­an kaca yang tampilanny­a mulai kusam. Kabid Perancanga­n dan Pengawasan DPUBMP Farhan Sanjaya menjelaska­n, penataan nanti juga dilaksanak­an di sisi selatan yang kaca dan besinya sudah kusam. ’’Ini ada pengaruh dari lingkungan. Cuaca yang berdebu dan panas membuat kondisi jembatan kotor,’’ tambahnya.

Usaha mempercant­ik kawasan tersebut, kata dia, memang menjadi komitmen semua dinas. Apalagi, daerah itu sering dikunjungi wisatawan dari lokal maupun mancanegar­a. Mereka sering terlihat berfoto di dekat jembatan itu. ’’Kalau cantik seperti ini kan mereka makin nyaman untuk berkunjung,’’ tuturnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia