Jawa Pos

Beri Apresiasi Driver Ojek Online

-

SURABAYA, Jawa Pos – Retnawan dan Fika Chasasmeta bangga membawa bendera Merah Putih ke atas panggung. Dua driver tersebut menjadi ikon dalam peluncuran logo baru PT Gojek Indonesia di GOR Kodam V/Brawijaya kemarin (3/8).

Retnawan dipilih karena dianggap sebagai sosok yang menginspir­asi. Warga Bekasi itu ngojek dari rumahnya sampai Lombok. Dibutuhkan waktu delapan hari untuk sampai ke lokasi bencana. Uang yang didapatkan selama ngojek antarpulau lebih dari Rp 4 juta. Semuanya disumbangk­an untuk korban bencana. ”Selama delapan hari itu, menginapny­a ya di kantor-kantor cabang Gojek. Termasuk di Surabaya ini,” katanya.

Menurut Retnawan, kegiatan ngojek antarpulau dilakoni sejak tiga tahun belakangan. Dia selalu turun ke lokasi bencana untuk memberikan bantuan. Kalau sedang tidak ada uang, dia mengaku hanya bisa memberikan bantuan tenaga. Minimal, hal tersebut bisa meringanka­n beban para korban.

Sementara itu, Fika memiliki cerita yang berbeda. Dia adalah pendamping komunitas para driver ojek online (ojol) yang menyandang tunarungu di Jakarta. Total, ada 80 penyandang gangguan pendengara­n yang dia bimbing.

Menurut Fika, para driver yang fisiknya mempunyai kekurangan tersebut menjadi inspirasi untuk bekerja lebih giat. ”Mereka tetap semangat bekerja demi anak istrinya meski memiliki kekurangan. Itu yang menjadikan semangat dan motivasi,” tuturnya.

Vice President Corporate Affairs PT Gojek Indonesia Michael Reza Say mengatakan, logo baru berbentuk tombol tersebut menunjukka­n bahwa perusahaan­nya sudah berkembang. Perusahaan­nya tidak hanya melayani orang yang membutuhka­n jasa transporta­si. ”Itu adalah tombol yang ketika dipencet, orang bisa masuk ke ekosistem dan seluruh layanan Gojek,” jelasnya.

Menurut dia, perusahaan­nya kini sudah membawahka­n 20 layanan yang mewakili tiga kalangan. Yakni, konsumen, merchandis­e, dan mitra atau para driver. ”Nah, di sini peran para driver sangat sentral. Karena itu, kami mengapresi­asi para mitra yang telah memberikan andil besar terhadap perkembang­an usaha ini,” ujarnya.

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? GANDENG BERSAMA: Michael Reza Say (tiga dari kanan) dan Leo Wibisono Arifin (tiga dari kiri) bersama perwakilan driver ojol kemarin.
DIPTA WAHYU/JAWA POS GANDENG BERSAMA: Michael Reza Say (tiga dari kanan) dan Leo Wibisono Arifin (tiga dari kiri) bersama perwakilan driver ojol kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia