Jawa Pos

Latih Ketangkasa­n dan Kekompakan Para ABK

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Di sekolah, Sakif Ar Rohim jarang berbicara. Bahkan, saat diajak ngobrol, siswa kelas III SD Muhammadiy­ah 3 Wage itu mengalami kesulitan berkomunik­asi. Namun. kemarin (3/8) Sakif tampak berbeda.

Bersama anak berkebutuh­an khusus (ABK) lain, dia berkemah di Bumi Perkemahan Legokasri, Sukodono. Senyum lebar menghiasi wajah bocah 9 tahun itu. ”Anaknya jadi lebih aktif dan punya banyak teman,” kata Rohim, guru pendamping SD Muhammadiy­ah 3 Wage.

Kegiatan tersebut diselengga­rakan oleh sekolah Lentera Fajar Indonesia dalam rangka memperinga­ti Hari Pramuka yang jatuh pada 14 Agustus. ”Seluruh peserta adalah ABK. Sekitar 60 anak. Kami bekerja sama dengan sekolahsek­olah inklusi se-Sidoarjo,” kata Kepala Sekolah Lentera Fajar Indonesia Meri Krisna.

Dia menyatakan, kebanyakan siswa ABK adalah autis. Ada juga hiperaktif, tunarungu, dan down syndrome. Mereka diajak untuk melatih kekompakan dan ketangkasa­n dengan mendirikan tenda dan bermain games.

Menurut dia, anak autis suka sibuk dengan dunianya sendiri sehingga lupa sekitar. Karena itu, mereka dibuat kelompok. Kelompok tersebut harus kompak. ”Mereka bisa ngikut. Para pendamping berhasil mengarahka­n dengan baik,” katanya.

Meri mencontohk­an anak autis yang duduk di bangku SMA. Dia cenderung bermain ponsel. Bahkan, dia sulit melepaskan gadget itu semenit pun. Namun, saat berkemah, anak tersebut senang mengikuti segala rangkaian acara meskipun saat istirahat masih meminta HP-nya dikembalik­an.

Dia berharap selepas kemah siswa ABK dapat menerapkan pola kerja sama yang baik dengan temannya. Tidak hanya itu, mereka juga menjadi mandiri saat di rumah.

 ?? DIMAS MAULANA/JAWA POS ?? PERINGATI HARI PRAMUKA: Anak berkebutuh­an khusus mendirikan tenda dengan didampingi pengajar di Bumi Perkemahan Legokasri, Sukodono, kemarin. Sebanyak 60 ABK menjadi peserta.
DIMAS MAULANA/JAWA POS PERINGATI HARI PRAMUKA: Anak berkebutuh­an khusus mendirikan tenda dengan didampingi pengajar di Bumi Perkemahan Legokasri, Sukodono, kemarin. Sebanyak 60 ABK menjadi peserta.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia