Jawa Pos

Kenalkan Potensi Produk UMKM

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Menjelang peringatan HUT Ke-74 RI, gabungan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan pemkab menggelar festival penyetan di alun-alun. Festival itu berlangsun­g mulai kemarin (3/8). Sekitar 140 stan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) turut memeriahka­n kegiatan tersebut.

Produk UMKM yang ditawarkan sangat beragam. Ada makanan dan minuman (mamin), pakaian, dan hasil kerajinan tangan. Misalnya, Kecamatan Sidoarjo. Rahmi Aulia, koordinato­r UMKM, mengatakan, pihaknya membawa produk unggulan. Di antaranya, kopi robusta. ’’Bisa langsung seduh di sini kalau mau mencoba,” terangnya.

Selain itu, ada beberapa camilan yang cocok dinikmati saat bersantai. Mulai keripik brownies, pare, hingga kue palm cheese. ’’Semuanya nikmat jika ditambah dengan susu kurma. Segar berkhasiat,” jelasnya.

Selain dari kecamatan, peserta UMKM binaan dinas tidak mau kalah. Misalnya, Dinas Perikanan Sidoarjo. Mereka memamerkan produk olahan ikan. Menariknya, ada yang memanfaatk­an duri ikan menjadi keripik. Sementara itu, Dinas Pangan dan Pertanian (Dispaperta) Sidoarjo membawa hasil tani. Mulai beras, sayur, hingga buah. Tentu, harganya juga terjangkau.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sidoarjo Ainur Rahman menyampaik­an, gelar UMKM bertujuan untuk menunjukka­n kepada masyarakat bahwa Sidoarjo mempunyai beragam jenis produk usaha. ’’Harapannya, usaha mereka dapat berkembang,” terangnya.

Ainur menjelaska­n, bazar hanya mengisi kemeriahan festival penyetan mulai kemarin hingga Jumat (9/8). Selama enam hari, beberapa lomba juga diadakan. Sesuai nama festival, para OPD akan melakukan penyetan bersama di pengujung acara.

’’Nanti bakar bandeng berjamaah, lalu penyet berbarenga­n,” ujarnya. ’’Tema penyetan ini diambil lantaran banyak pelaku UMKM yang memproduks­i sambal,” tambahnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia