Jawa Pos

Corak Organ Tubuh Wujud Rasa Syukur

-

SURABAYA, Jawa Pos – Desainer muda Ria Miranda seakan tak pernah kehabisan ide dalam mengeluark­an koleksi terbaru. Kali ini Ria berusaha memaknai rasa cinta kepada diri sendiri melalui corak organ tubuh manusia yang sudah dimodifika­si agar tetap terlihat indah. Melalui koleksi yang diberi judul Mahata tersebut, Ria berusaha mengajak pengguna karyanya untuk merawat nikmat dari Tuhan berupa tubuh mereka sendiri.

’’Mahata sendiri singkatan dari mata, hati, dan telinga,’’ ujar perempuan dengan nama asli Indria Miranda tersebut. Jika ditilik dengan saksama, sulur-sulur bunga pada salah satu karya Ria lebih mirip seperti pembuluh darah. Meski, di ujungnya, ada bunga-bunga yang disematkan. ’’Corak bunga masih disisipkan juga karena masih digemari,’’ tutur Ria.

Selain itu, bunga jadi trik kamuflase yang digunakan Ria agar tak terlalu vulgar. ’’Tantangan utamanya memang itu, ya, bagaimana biar

nggak terlalu mencolok organnya

gitu,’’ sambung perempuan kelahiran 1985 tersebut. Ria menyatakan, desain ilustrasi organ bolak-balik dirombak hingga memakan waktu persiapan selama setahun.

Tak hanya menambahka­n bentukbent­uk bunga, Ria juga memodifika­si bentuk organ hingga menyerupai bentuk lain. ’’Ada yang bentuk gendang telinga itu aku buat jadi empat biar seperti bunga dengan empat kelopak,’’ jelasnya.

Trik yang sama juga digunakan untuk bola mata pada salah satu desain atasannya. Untuk organ jantung, Ria menambahka­n sulursulur di samping-sampingnya dan membentukn­ya lebih menyerupai bentuk love.

Seperti ciri khas Ria selama ini, warna pastel jadi warna utama. ’’Jadi nggak ngejreng merah gitu, ngeri dong,’’ ucapnya usai Private Trunk Show di SOGO Department Store Tunjungan Plaza kemarin (3/8).

Pada koleksi tersebut, Ria masih mengutamak­an bentuk cutting tunik, dress, dan blouse yang bisa digunakan untuk ke acara formal maupun kasual. Bahan crape dan viscose jadi dua bahan utama yang digunakan Ria. ’’Bahannya halus dan nggak perlu disetrika, jadi pas untuk ibuibu muda yang sibuk urus anak,’’ jabarnya.

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? JADI FOTOGRAFER DADAKAN: Para undangan mengabadik­an koleksi Ria Miranda yang dipamerkan di SOGO Department Store Tunjungan Plaza kemarin (3/8).
DIPTA WAHYU/JAWA POS JADI FOTOGRAFER DADAKAN: Para undangan mengabadik­an koleksi Ria Miranda yang dipamerkan di SOGO Department Store Tunjungan Plaza kemarin (3/8).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia