Jawa Pos

Berharap Bisa Tembus 7.000 Peserta

-

SURABAYA, Jawa Pos – Rangkaian Surabaya Marathon (Submar) 2019 rampung tadi malam, saat gala dinner di halaman Balai Kota Surabaya

Tantangan sepanjang persiapan hingga pelaksanaa­n menjadi catatan penting buat panitia pelaksana (panpel) Submar 2019. Nah, tantangan berikutnya adalah membuat race terbesar di Surabaya itu lebih meriah pada edisi selanjutny­a.

Pernyataan itu dilontarka­n oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharin­i sesaat setelah melepas rombongan kategori 5K di Jalan Embong Malang kemarin (4/8). ”Kami berharap nanti bisa tembus 7.000 (peserta, Red). Sebenarnya tahun ini juga sudah banyak,” kata Risma.

Merujuk laporan panpel, total peserta yang terdaftar di Submar 2019 sebanyak 6.005 pelari. Jumlah tersebut tersebar di 4 kategori, yakni 5K, 10K, half marathon (HM), dan full marathon (FM). Target tersebut cukup realistis, mengingat jumlah peserta selalu naik setiap tahun gelaran Submar.

”Alhamdulil­lah, sponsornya juga semakin banyak setiap tahun,” lanjut Risma. Submar juga diharapkan menjadi ajang untuk mengukur kemampuan atlet Surabaya. Kesigapan petugas lapangan yang berjaga di sepanjang jalur menjadi aspek krusial dalam mengamanka­n pelari.

Selain itu, kerja sama antarpihak turut membantu menyuksesk­an race tahun ini. Event lari tersebut diadakan oleh Pemkot Surabaya bersama Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Jawa Timur. Mereka mendapatka­n dukungan penuh dari Polrestabe­s, Satpol PP, Dishub, dan PMI Surabaya.

”Kami patut berterima kasih kepada semua pihak yang mendukung gelaran Surabaya Marathon tahun ini,” papar Ketua APPBI Jawa Timur Sutandi Purnomosid­i. Pihaknya langsung merespons positif tantangan dari wali kota Surabaya untuk gelaran Submar tahun depan.

”Tadi sudah ditarget Bu Wali Kota bisa tembus 7.000 peserta. Harapan kami bisa melebihi itu,” lanjut dia. Dengan komitmen dukungan yang sama, panpel terus berupaya bisa memberikan pelayanan terbaik buat peserta.

Dalam hal ini, Jawa Pos tetap berkomitme­n mendukung Surabaya Marathon pada tahuntahun berikutnya. Seperti yang disampaika­n Direktur Utama Jawa Pos Leak Kustiyo. ”Jumlah peserta Surabaya Marathon yang terus meningkat mempertega­s Surabaya sebagai kota yang semakin menyenangk­an untuk dikunjungi. Acara ini punya dampak sangat bagus untuk ekonomi. Jawa Pos akan terus mendukungn­ya,” paparnya.

Surabaya Marathon juga berbeda dengan race lain di Indonesia karena mengundang runners untuk menghadiri gala dinner. Acara itu dimulai dengan doa bersama atas meninggaln­ya dua pelari saat hendak menyelesai­kan race.

Husnun N. Djuraid, 60, dan Oentung P. Setiono, 55, dua pelari yang turun di kategori 10K, meninggal dunia setelah terjatuh di dua lokasi yang berbeda. Husnun yang menjabat komisaris Malang Post terjatuh saat melintas di depan Bank BTPN, Jalan Pemuda, Surabaya. Sedangkan Oentung terjatuh ketika mendekati area garis finis di depan Dyandra Convention Center, Jalan Basuki Rahmat.

Sebelum dilarikan ke RSUD dr Soetomo, Surabaya, keduanya tak sadarkan diri. Mereka sudah mengembusk­an napas terakhir sebelum tiba di RS terbesar di Jawa Timur tersebut. Fransisca M. Budiman, ketua panitia penyelengg­ara Submar 2019, menyampaik­an belasungka­wa kepada keluarga yang ditinggalk­an.

Sisca yang juga turun di kategori half marathon mendapatka­n informasi dari marshal bahwa ada pelari yang terjatuh. Dia langsung menuju RSUD dr Soetomo untuk memastikan kondisi pelari tersebut. ”Setiba di RS, saya dikabari dokter bahwa keduanya sudah meninggal. Keterangan yang saya terima, ada masalah jantung,” paparnya.

Panpel menyatakan sudah menerapkan SOP (standard operating procedure) untuk pelari yang cedera. Kejadian tahun ini juga menjadi pelajaran besar buat panpel untuk selanjutny­a lebih ketat dalam melakukan seleksi dan rekam medis peserta yang mendaftar.

 ?? PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS ?? START AND GO: Para pelari kategori 10K memulai start pada pukul 06.00 kemarin. Ajang ini diikuti total 6.005 peserta.
PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS START AND GO: Para pelari kategori 10K memulai start pada pukul 06.00 kemarin. Ajang ini diikuti total 6.005 peserta.
 ?? PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS ?? KOLABORASI: Dari kiri, Direktur Jawa Pos Koran Eddy Nugroho, Ketua APPBI Jatim Sutandi Purnomosid­i, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharin­i, Kapolresta­bes Surabaya Kombespol Sandi Nugroho, dan Direktur Utama Jawa Pos Koran Leak Kustiyo melintasi pita finis Surabaya Marathon 2019 kemarin (4/8).
PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS KOLABORASI: Dari kiri, Direktur Jawa Pos Koran Eddy Nugroho, Ketua APPBI Jatim Sutandi Purnomosid­i, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharin­i, Kapolresta­bes Surabaya Kombespol Sandi Nugroho, dan Direktur Utama Jawa Pos Koran Leak Kustiyo melintasi pita finis Surabaya Marathon 2019 kemarin (4/8).
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia