Jawa Pos

Arus Peti Kemas di Tanjung Perak Meningkat

-

SURABAYA, Jawa Pos – Arus peti kemas di Pelabuhan Tanjung Perak terus meningkat. Peningkata­n itu didukung dengan ditetapkan­nya Tanjung Perak sebagai pelabuhan transhipme­nt peti kemas domestik pada Januari lalu. Direktur Utama Pelindo III Doso Agung menyatakan, jumlah peti kemas pada semester I 2019 tercatat naik dua kali lipat jika dibandingk­an dengan periode yang sama tahun lalu.

Hingga Juni 2019, terdapat 35.550 boks peti kemas di Pelabuhan Tanjung Perak. ”Pada semester I tahun lalu, tercatat 16.310 boks peti kemas di Tanjung Perak, kemudian tahun ini melonjak hingga 218 persen year-on-year (YoY),” ucapnya kemarin. Peningkata­n tertinggi terjadi di Terminal Berlian. Doso menyatakan, peningkata­n peti kemas di terminal itu mencapai 227 persen. Terminal yang dioperasik­an BJTI Port tersebut mencatat jumlah peti kemas hingga Juni sebesar 22.349 boks.

Di sisi lain, jumlah peti kemas domestik di Terminal Peti Kemas Surabaya (TPS) dan Terminal Teluk Lamong (TTL) juga meningkat. Meskipun begitu, Doso mengaku bahwa peningkata­n di dua terminal itu cenderung tipis karena menyasar segmen internasio­nal. ”Untuk TPS, jumlah peti kemas pada semester I tercatat 2.799 boks, meningkat hingga dua kali lipat jika dibandingk­an dengan tahun lalu. Sedangkan di TTL, tahun ini terdapat 9.283 boks, tahun sebelumnya 5.392 peti kemas,” imbuhnya.

Direktur Operasi dan Komersial Pelindo III Putut Sri Muljanto menyatakan, pihaknya terus memacu pengiriman kargo untuk meningkatk­an pelayanan transhipme­nt peti kemas domestik. Pelindo III akan menambahka­n rute pelayaran peti kemas dari Medan ke Tanjung Perak dengan tujuan akhir Kalimantan atau Sulawesi. ”Kami juga telah menyiapkan lahan tambahan untuk menambah kapasitas,” timpalnya.

 ?? FRIZAL/JAWA POS ?? TAMBAH SIBUK: Proses bongkar muat peti kemas di Terminal Berlian, Tanjung Perak, Surabaya. Hingga Juni, jumlah peti kemas naik dua kali lipat.
FRIZAL/JAWA POS TAMBAH SIBUK: Proses bongkar muat peti kemas di Terminal Berlian, Tanjung Perak, Surabaya. Hingga Juni, jumlah peti kemas naik dua kali lipat.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia