Jawa Pos

Dianggap Layak Menjadi Kapten

-

MANCHESTER, Jawa Pos – Lebih dari dua jam Harry Maguire berada di Aon Training Complex, Carrington, kemarin WIB (4/8). Selain menjalani tes medis di markas latihan Manchester United tersebut, Maguire diklaim menuntaska­n detail kecil dalam kontraknya yang berdurasi lima tahun.

Alhasil, pemain 26 tahun dari Leicester City itu tinggal menunggu waktu untuk diumumkan oleh United sebagai bek termahal dunia. Dengan banderol GBP 80 juta (Rp 1,38 triliun), Si Wajah Lebar –julukan Maguire– menggusur Virgil van Dijk yang bernilai GBP 75 juta (Rp 1,29 triliun) saat diboyong Liverpool dari Southampto­n pada 1 Januari 2018.

Meski dicibir kemahalan, Maguire mendapat dukungan dari mantan pemain United Teddy Sheringham sebagai solusi tepat untuk pertahanan Setan Merah yang musim lalu kebobolan sampai 54 gol di Premier League. ”Butuh (bek tengah, Red) seperti Vincent Kompany atau yang bertipe Tony Adams,” kata Sheringham kepada Express. ”Dia sudah mirip dengan Rio Ferdinand. Dia punya kapabilita­s mengendali­kan ruang ganti,” imbuh pahlawan United saat memenangi Liga Champions 1998–1999 tersebut. Kebetulan, tactician United Ole Gunnar Solskjaer tidak menunjuk kapten baru untuk musim 2019–2020. Fullback Ashley Young masih dipercaya. Masalahnya, Young saat ini kalah bersaing dengan rekrutan baru, Aaron Wan-Bissaka. Sementara itu, David de Gea yang dipercaya untuk mengenakan ban kapten saat United mengalahka­n AC Milan lewat adu penalti 5-4 pada laga pramusim terakhir di Cardiff kemarin punya handicap dalam komunikasi. Dia bukan pemain asli Inggris dan berposisi kiper.

Soal kapan Maguire bakal dimainkan, Solskjaer mengindika­sikan bisa memberikan debut saat United mengawali Premier League 2019–2020 melawan Chelsea (11/8). ”Dia (Maguire, Red) juga bermain dalam beberapa laga selama musim panas. Jadi, kami tidak akan sulit menilainya (kapan bisa bermain, Red),” tutur Solskjaer kepada MUTV.

Dilansir Evening Standard, Maguire adalah bek tengah pilihan personal Solskjaer. Mengabaika­n lima nama yang sebelumnya dimonitor United. Yakni, Kalidou Koulibaly (Napoli), Matthijs de Ligt (kini Juventus), Jamaal Lascelles (Newcastle United), Alessio Romagnoli (AC Milan), dan Milan Skriniar (Inter Milan).

 ?? EPA-EFE/AFP/AP PHOTO ZENPIX LTD ?? TES MEDIS: Harry Maguire datang ke markas latihan United kemarin WIB (4/8).
EPA-EFE/AFP/AP PHOTO ZENPIX LTD TES MEDIS: Harry Maguire datang ke markas latihan United kemarin WIB (4/8).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia