Jawa Pos

BERAGAM MANFAAT LUBRICANT DAN PENETRANT MULTIGUNA

- (tih/wir)

PELUMAS (lubricant) dan penetran serbaguna tak hanya dikenal dalam dunia otomotif. Cairan serbaguna berbentuk spray ini bisa juga bermanfaat dan bisa diandalkan dalam berbagai keperluan, mulai rumah tangga hingga industri. Cairan tersebut berfungsi melumasi, penetrasi, membersihk­an, melindungi, serta menjaga kelembapan pada beragam komponen.

Untuk penggunaan pada rumah tangga, cairan ini dapat melumasi dengan optimal, terutama pada bagian yang bergerak dan bergesekan. Misalnya, gembok, engsel pintu, dan bearing pada roda pintu geser. Dengan pelumasan tersebut, komponen-komponen itu tidak mudah berkarat dan berderit akibat terjadinya gesekan.

Sementara itu, bagi yang gemar memainkan alat musik seperti gitar, mereka bisa menyemprot­kan cairan ini pada senar gitar supaya komponen itu tidak berkarat. Barang lain yang cukup beragam, mulai mainan, sepeda, hingga tongkat golf, juga bisa terlindung­i berkat penggunaan cairan multiguna tersebut. Dengan menyemprot­kan lubricant atau penetran secara merata, barang-barang tersebut juga terhindar dari kelembapan berlebih yang bisa menimbulka­n karat atau korosi.

Zat aktif yang terkandung dalam cairan tersebut juga bisa membantu kita saat hendak membuka baut yang sudah mengeras dan berkarat. Cairan akan menyebar dan masuk ke celah-celah kecil sehingga baut mudah dibuka. Patut diketahui, jika terlalu sering terkena air dan berkarat, baut akan sulit dibuka. Di sinilah cairan bekerja sebagai penetran, melarutkan karat yang bermukim pada ulir baut tersebut.

Perawatan mesin-mesin pabrik atau industri wajib dilakukan secara berkala agar segala peralatan berfungsi baik dan optimal. Karena itu, pelumasan pada mesin-mesin tersebut penting dilakukan untuk mencegah terjadinya keausan, khususnya pada mesin yang kerap kali bergesekan serta memerlukan temperatur konstan.

Penggunaan cairan lubricant dan penetran serbaguna dapat menjaga mesin-mesin tersebut dari keausan dan panas yang timbul dari gesekan yang terus-menerus.

Ada berbagai merek lubricant dan penetran yang dapat kita temui di pasaran atau toko-toko teknik. Di antaranya, STP AP-75 Multi-purpose Lubricant & Penetrant Spray. Produk itu merupakan cairan pelumas dan penetran serbaguna dengan 1.000 fungsi dan manfaat untuk kebutuhan otomotif, rumah tangga, serta industri.

Cairan tersebut memiliki fungsi pelumas, penetran, pembersih, serta pelindung dari kelembapan yang dapat mengakibat­kan karat. Ini adalah pilihan tepat jika Anda sedang mencari produk cairan lubricant dan penetran serbaguna.

STP AP-75 Multi-purpose Lubricant & Penetrant Spray memiliki kemampuan melumasi komponen lebih lama sehingga bunyi derit pada pintu bisa hilang. Membuka gembok pun jadi lebih mudah. Cairan ini juga mampu berpenetra­si dan menyebar lebih cepat ke dalam celah kecil sehingga baut yang telah berkarat dapat lebih mudah dibuka.

 ?? FOTO-FOTO: STP FOR JAWA POS ?? TIDAK MELULU OTOMOTIF:
Selain sebagai pelumas kendaraan, lubricant juga dapat digunakan untuk beragam fungsi lain seperti membuka baut berkarat dan menghilang­kan derit pada engsel pintu.
FOTO-FOTO: STP FOR JAWA POS TIDAK MELULU OTOMOTIF: Selain sebagai pelumas kendaraan, lubricant juga dapat digunakan untuk beragam fungsi lain seperti membuka baut berkarat dan menghilang­kan derit pada engsel pintu.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia