Jawa Pos

Tanam Pohon untuk Penelitian

Enam Varietas dari Hutan Kalimantan

-

SURABAYA, Jawa Pos – Peningkata­n jumlah ruang terbuka hijau (RTH) diperlukan untuk memberikan kualitas udara yang sehat. Hal itu yang coba dilakukan Universita­s Airlangga (Unair) untuk ikut berpartisi­pasi menjaga suplai oksigen di Surabaya. Kemarin (4/8) seribu pohon ditanam serempak saat masa orientasi bersama (MOB) oleh 7.000 mahasiswa baru.

Rektor Unair M. Nasih menyatakan, penanaman pohon tersebut merupakan langkah berkelanju­tan. Nanti, mahasiswa pula yang punya kewajiban untuk memastikan tanaman itu tetap berkembang. ’’Program pohon asuh ini merupakan wujud kecintaan kami. Baik kepada almamater maupun Surabaya,’’ ujarnya di sela acara penanaman di Kampus C Unair kemarin.

Selain sebagai upaya untuk menjadikan kampus lebih hijau, Nasih berharap area seluas lebih dari 1 hektare tersebut bisa menjadi laboratori­um penelitian soal botani bagi mahasiswan­ya. ’’Di sini ada program studi seperti biologi yang bisa memanfaatk­annya untuk penelitian,’’ paparnya.

Dalam acara itu, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharin­i bergabung bersama mahasiswa untuk melakukan penanaman. ’’Ini merupakan langkah yang cerdas. Ada inisiatif untuk ikut menjaga lingkungan juga,’’ katanya.

Menurut dia, menjaga lingkungan tidak hanya menjaga kualitas udara. Tetapi juga air dan faktor lain. Dia menuturkan, pohon punya fungsi untuk menyimpan cadangan air. Karena itu, saat kemarau panjang sekalipun Surabaya tidak kekeringan.

Mayoritas yang ditanam adalah pohon buah. Misalnya, mangga, kelengkeng merah, dan jambu. Selain itu, ada enam varietas yang dibawa langsung dari Kalimantan. Jenis tersebut ada di hutan tropis wilayah itu. ’’Dari jenis kayu-kayuan ada ulin, keruing, dan bengkirai. Kalau buah, ada durian, lai, dan kerantunga­n,’’ ujar Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi.

 ?? ROBERTUS RISKY/JAWA POS ?? BANYAK MANFAAT: Rektor Unair M. Nasih (kiri) bersama Wali Kota Tri Rismaharin­i menanam pohon di Kampus C Unair kemarin.
ROBERTUS RISKY/JAWA POS BANYAK MANFAAT: Rektor Unair M. Nasih (kiri) bersama Wali Kota Tri Rismaharin­i menanam pohon di Kampus C Unair kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia