Jawa Pos

Semenit, 12 Pemotor Terabas Median Jalan

-

SURABAYA, Jawa Pos – Keruwetan lalu lintas masih terlihat di Jalan Kenjeran, Simokerto, kemarin (4/8). Tepatnya dari ujung barat menuju ke RSUD dr Soewandhie. Pengendara roda dua nekat menerobos median jalan dari dua sisi. Utara dan selatan jalan. Bahkan, dalam semenit ada 12 pengendara yang menerobos median jalan tersebut.

”Iya, memang sering seperti itu,” ucap Luluk Prastuti, warga sekitar. Tindakan tersebut sering terjadi pada pagi sekitar pukul 07.00–08.00, siang pada pukul 13.00– 14.00, serta pukul 17.00–18.00. Aksi itu, kata dia, jelas membahayak­an. Sebab, ada pengendara lain yang melintas. ”Juga merusak tanaman yang ada di median jalan tersebut,” ucapnya. Perempuan 35 tahun itu kerap mengingatk­an pengendara lewat arahan gestur. Namun, tak ada yang menggubris. Dari pengamatan Jawa Pos di lapangan, mayoritas pelanggar berasal dari arah Jalan Kapasan menuju Suramadu. Mereka memutar tepat sebelum persimpang­an Jalan Tambak Rejo–Jalan Kenjeran.

”Itu tidak dibenarkan. Tidak boleh,” kata Kapolsek Simokerto Masdawati Saragih. Dia menerangka­n, pengendara tidak hanya melanggar aturan tak boleh melintas di median jalan. ”Tapi juga aturan memutar. Seharusnya, langsung ke Jalan Tambak Rejo. Ini kan banyak juga yang tidak tertib,” tambahnya. Akibatnya, jika tidak berhati-hati, pengendara yang datang dari arah Suramadu terkejut ketika berpapasan dengan pengendara yang melanggar. Begitu pula sebaliknya. ”Untuk itu, kami akan siagakan petugas lagi untuk memantau kawasan tersebut. Memang selalu ruwet,” jelasnya.

Di bagian lain, Kepala Bidang Ruang Terbuka Hijau dan Penerangan Jalan Umum Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Surabaya Hendri Setianto mengatakan, pihaknya sudah melakukan beberapa usaha pencegahan. Yakni, dengan memasang ban dan garis pembatas. ”Tapi, masih dirusak,” ucapnya. Dalam waktu dekat, mereka akan meninggika­n sisi median supaya tidak bisa dilintasi lagi.

 ?? AHMAD KHUSAINI/ JAWA POS ?? MEMBAHAYAK­AN PENGENDARA LAIN: Meski median Jalan Kenjeran, Simokerto, sudah dilengkapi tanaman, pengendara nakal ini tetap saja nekat melewatiny­a.
AHMAD KHUSAINI/ JAWA POS MEMBAHAYAK­AN PENGENDARA LAIN: Meski median Jalan Kenjeran, Simokerto, sudah dilengkapi tanaman, pengendara nakal ini tetap saja nekat melewatiny­a.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia