Jawa Pos

Cat Ulang Bangunan yang Dicoret-coret

-

SURABAYA, Jawa Pos – Setelah melakukan peremajaan bangunan yang terkena vandalisme di sisi utara Jalan Veteran, petugas dari Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKP CKTR) Surabaya melanjutka­n pengerjaan di sisi selatan jalan. Tepatnya, dari bangunan eks Bank Prima, Jalan Veteran Nomor 10. Coretancor­etan di dinding bangunan cagar budaya (BCB) tersebut mulai dibersihka­n.

’’Ini akan kami lakukan bertahap,’’ kata Kepala Bidang Bangunan dan Gedung DPRKP CKTR Surabaya Iman Krestian kemarin (4/8). Warna cat yang dibubuhkan pada bangunan tersebut sesuai dengan warna asli, yakni krem. ’’Itu memang warna existing,” ujarnya. Meskipun begitu, pihaknya juga akan membubuhka­n cat biru pada beberapa sisi bangunan yang terkena vandalisme.

Iman menuturkan, setidaknya ada empat pekerja yang ditugaskan membersihk­an BCB tersebut. Mereka memfokuska­n pengecatan di bagian fasad gedung. ’’Ini baru setengah jalan. Kami lanjutkan besok (Red, hari ini),’’ jelasnya. Selain pengecatan, pihaknya memperbaik­i atap bangunan yang mulai mengelupas. ’’Supaya lebih bersih,’’ ungkapnya.

Dari pengamatan petugas di lapangan, coretan-coretan tersebut terlihat hampir di semua dinding bangunan. ’’Ini memang yang terparah,’’ ucapnya. Karena itu, dalam sebulan ini, pihaknya akan menuntaska­n pembersiha­n coretan vandalisme di kawasan Beneden Stad (Kota Bawah) Surabaya tersebut. ’’Sebab, ada beberapa bangunan lagi yang butuh perawatan,’’ jelasnya.

Meski begitu, pengecatan itu akan sia-sia jika tidak ada pengawasan dari dinas terkait. ’’Kami akan bekerja sama dengan linmas dan satpol PP untuk mengawasi daerah tersebut. Jika diperlukan, kami akan pakai CCTV (closed circuit television) supaya tidak ada vandalisme lagi,’’ katanya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia