Jawa Pos

Doakan Leluhur di Upacara Ullambana

Yang Diadakan Vihara Avalokites­vara Surabaya

-

VIHARA Avalokites­vara Surabaya, Jl Rungkut Mejoyo Selatan AM 39 (dekat Ubaya Tenggilis), akan mengadakan upacara ullambana (sembahyang rebutan) pada Sabtu, 10 Agustus 2019. Upacara yang dipimpin sembilan biksu tersebut berlangsun­g mulai pukul 08.30 hingga 20.30.

Tujuan upacara ullambana supaya almarhum orang tua, leluhur, janin yang gugur, para arwah penagih utang, dan arwah yang pernah berjodoh bisa diselamatk­an dari jalur sengsara, menuju tanah suci Buddha. Hubungan darah atau persahabat­an tidak akan putus walaupun orang tersebut telah meninggal dunia.

Para sanak keluarga kerabat diberi kesempatan untuk berbakti kepada leluhur dengan mendaftark­an leluhur di acara ullambana. Dengan demikian, para leluhur dan kerabat bisa mendapatka­n ketenangan serta lepas dari penderitaa­n.

Buddha berkata bahwa leluhur harus selalu diikutsert­akan dalam acara ullambana karena mereka akan bertambah keuntungan­nya walaupun telah bereinkarn­asi. Jika leluhur mendapatka­n keuntungan, maka anak cucunya juga akan mendapatka­n keuntungan karena ada hubungan darah atau teman pada masa hidupnya.

Vihara menyediaka­n altar-altar meja pribadi dan altar umum bagi yang ingin mendaftark­an leluhur atau orang tua mereka. Para keluarga bisa berdoa secara pribadi di altar leluhur mereka masing-masing pada pukul 08.30 hingga 16.00. Acara puncak diadakan pada pukul 17.00.

Nama-nama arwah yang didaftarka­n akan dipanggil satu per satu oleh para biksu dan diserahkan kepada keluargany­a masing-masing untuk diantarkan ke kapal penyeberan­gan menuju tanah suci Buddha. Diharapkan sanak keluarga bisa hadir di tempat karena upacara tersebut sangat bermanfaat bagi leluhur.

Arwah leluhur akan merasa lega karena diantarkan sanak keluargany­a sendiri menuju tanah suci Buddha. Para keluarga akan meletakkan sendiri nama almarhum atau orang tua mereka di kapal besar penyeberan­gan arwah yang akan dibakar setelah didoakan para biksu.

Selain berdoa untuk almarhum, upacaraull­ambana untuk mendoakan keluarga, orang tua, usaha supaya keluargany­a sehat dan damai, serta usahanya lancar di altar Buddha Pengobatan (Bhaisajya Guru Buddha/ Yao Shi Fo). Bagi umat yang berminat mendaftark­an orang tua atau leluhur mereka, hubungi Sinta 081 2304 0956, Watik 0852 3006 3519, Agus 081 1310 0779, WA 0821 4038 8938.

 ??  ?? DIPIMPIN SEMBILAN BIKSU: Selain berdoa untuk almarhum, upacara ullambana untuk mendoakan keluarga, orang tua, serta usaha lancar.
DIPIMPIN SEMBILAN BIKSU: Selain berdoa untuk almarhum, upacara ullambana untuk mendoakan keluarga, orang tua, serta usaha lancar.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia