Jawa Pos

Merah Putih Suminagash­i

-

SURABAYA, Jawa Pos – Agustus sudah tiba. Menghias rumah dan gang kampung dengan berbagai ornamen Merah Putih sudah menjadi rutinitas. Fenchilia Zhang pun mengajak anak-anak untuk berkreasi membuat bendera dengan teknik suminagash­i dari Jepang.

Dalam workshop di Show Unit Gravillea G-55 Graha Natura itu, Lia mengajarka­n anakanak membuat lukisan lewat media air. Mulamula peserta diajak untuk menyiapkan kain dengan ukuran 30 x 60 sentimeter dari bahan katun. ’’Sebenarnya pakai kain apa aja bisa, tapi katun ini kainnya bisa menyerap air dan cat dengan cepat,’’ jelasnya kemarin (4/8).

Selanjutny­a, barulah cat warna dan air karagenan disiapkan. Di situ, cat jenis akrilik dipakai untuk melukis di atas air. ’’Tapi, sebelumnya, cat akriliknya harus dicampur dengan air. Catnya sekitar seperempat sendok teh. Kalau airnya, satu sendok makan. Terus diaduk,’’ tuturnya.

Cat yang sudah siap tersebut kemudian dicipratka­n ke dalam air karagenan dengan menggunaka­n bantuan kuas. ’’Kalau ingin warna merah putihnya atas-bawah, satu sisi harus diisi full dengan warna merah. Terus, bawahnya boleh nggak usah dikasih warna. Tapi, untuk memberikan efek sembur yang bagus, bisa ditambahka­n warna putih di antaranya,’’ jelasnya. Pola pun bisa diatur sesuka hati.

Setelah itu, kain bendera yang sudah siap tersebut diberi stiker dengan tulisan 74 lebih dulu di bagian tengah. Baru setelah itu kain siap untuk diberi warna.

Caranya, tinggal meletakkan kain tersebut di permukaan air karagenan yang sudah diberi warna. Setelah memastikan semua permukaan terkena warna, barulah kain ditarik keluar dari air dengan cepat.

 ?? RIANA SETIAWAN/JAWA POS ?? HASILNYA CANTIK: Leony Anindya menunjukka­n hasil karyanya. Dia membuat bendera Merah Putih dengan teknik suminagash­i.
RIANA SETIAWAN/JAWA POS HASILNYA CANTIK: Leony Anindya menunjukka­n hasil karyanya. Dia membuat bendera Merah Putih dengan teknik suminagash­i.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia