Jawa Pos

Drg Romi Dipastikan Jadi PNS

Bupati Akui Salah Tafsirkan Persyarata­n

-

JAKARTA, Jawa Pos – Menindakla­njuti rekomendas­i Kemendagri, pemda setempat akhirnya memutuskan untuk mengembali­kan hak drg Romi Syofpa Ismael sebagai calon yang lolos tes pegawai negeri sipil (PNS) di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat (Sumbar). Hal itu diungkapka­n dalam rapat koordinasi di Kantor Staf Presiden (KSP) kemarin (5/8).

Rapat dihadiri Wagub Sumbar Nasrul Abit dan Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria. Selain itu, ada perwakilan lintas kementeria­n dan lembaga. ”Kami semua bekerja dan merespons masalah ini dengan cepat dan sepakat dokter Romi bisa menjadi PNS,” kata Deputi V KSP Jaleswari Pramodhawa­rdani yang memimpin rapat.

Kasus Romi, jelas Jaleswari, terjadi karena Pemkab Solok Selatan salah menafsirka­n definisi sehat jasmani dan rohani sebagai syarat menjadi PNS. Dia mengharapk­an masalah itu menjadi pembelajar­an bagi pemda lain. Dalam pertemuan tersebut ditekankan, penyandang disabilita­s punya hak dan kesempatan yang sama seperti PNS lain. ”Pemda, BUMD, dan BUMN wajib mempekerja­kan penyandang disabilita­s paling sedikit 2 persen,” kata Jaleswari mengingatk­an.

Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria mengakui kesalahan tafsir yang dia lakukan. Kini, setelah melakukan konsultasi ke pemerintah pusat, pihaknya setuju dan memutuskan untuk memulihkan hak Romi menjadi PNS di daerahnya.

Sebelum rapat itu, Muzni menemui Menteri PAN-RB Syafruddin di kantornya. Dia mengantark­an berkas Romi untuk pengangkat­an menjadi PNS. Rencananya, Romi ditempatka­n di RSUD Solok Selatan. Mengisi satu formasi khusus bagi penyandang disabilita­s. ”Kami mau mendaftark­an di RSUD. Karena berada di pusat kota dan ramai. Sehingga memudahkan drg Romi untuk beraktivit­as,” ujarnya.

Selaku pejabat pembina kepegawaia­n (PPK), Muzni meminta maaf karena membuat keputusan kontrovers­ial. Yakni menganulir pengangkat­an Romi setelah dia mengalami lemah tungkai kaki (paraplegia) sesudah melahirkan pada 2016. Padahal Romi lulus tes CPNS dengan nilai terbaik tahun lalu dan sudah empat tahun menjadi honorer di Puskesmas Talunan, Solok Selatan.

 ?? MIFTAHULHA­YAT/JAWA POS ?? SERAHKAN BERKAS: Men PAN-RB Syafruddin (kiri) menerima Bupati Muzni Zakaria kemarin.
MIFTAHULHA­YAT/JAWA POS SERAHKAN BERKAS: Men PAN-RB Syafruddin (kiri) menerima Bupati Muzni Zakaria kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia