Jawa Pos

Belum Siap Jadi Perumda atau Perseroda

-

SALAH satu solusi penyelamat­an PDPS adalah mengubah bentuk badan usaha sesuai dengan PP Nomor 54 Tahun 2017. Menjadi perusahaan umum daerah (perumda) atau peseroan daerah (perseroda). Namun, pemkot belum bisa menjalanka­n instruksi itu.

Kabag Perekonomi­an Pemkot Surabaya Khalid menerangka­n bahwa PP Nomor 54 Tahun 2017 masih bertentang­an dengan aturan lainnya. Dalam ketentuan tersebut, salah satu badan pengawas perusahaan berasal dari pejabat pemkot. ’’Pada aturan lain, pejabat pemkot kan tak boleh merangkap jabatan di perusahaan. Nah, itu masih rancu,’’ katanya.

Karena itulah, pemkot hingga kini belum mengubah satu p un badan usahanya sesuai dengan instruksi PP tersebut. Hanya PDAM yang berupaya merealisas­ikannya. Itu pun baru sekadar kajian.

Selain itu, ada 17 peraturan turunan dari PP tersebut. Namun, hanya ada satu aturan yang sudah keluar, sedangkan 16 aturan lainnya belum dibuat. ’’Jadi, kita tunggu saja sampai itu jadi semua biar tidak terjadi persoalan garagara aturan yang masih rancu,’’ terangnya.

Meski belum bisa menjalanka­n aturan pemerintah pusat, Khalid meyakini bahwa seluruh BUMD pemkot bisa tetap berkembang. Dari hasil laporan keuangan perusahaan di semester pertama 2019, Khalid menyimpulk­an bah

Pada aturan lain, pejabat pemkot tak boleh merangkap jabatan di perusahaan. Nah, itu masih rancu.”

Kabag Perekonomi­an Pemkot Surabaya

wa seluruh BUMD sudah bisa mendapatka­n laba. ’’Termasuk PDPS katanya sudah dapat untung dari retribusi pasar,’’ ujarnya. Namun, utang PDPS ada banyak. Bagaimana Khalid menilai hal tersebut? ’’Ya, pelan-pelan. Utang kan dipisahkan dari laba. Yang penting untung dulu,’’ jelasnya.

Salah satu perusahaan yang mulai berkembang adalah PD Rumah Potong Hewan Surya. Tahun lalu perusahaan itu dililit konflik. Tak ada laba yang disetorkan ke pemkot karena perusahaan berkutat pada konflik antardirek­tur tahun lalu. ’’Nah, konfliknya sudah selesai. Tahun ini mereka sudah bisa untung dan akan setor dividen dobel,’’ tuturnya.

 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia