Jawa Pos

Sarankan Prabowo Gabung Pemerintah­an

-

JAKARTA, Jawa Pos – Pertemuan presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) dengan Prabowo Subianto di Stasiun MRT Lebak Bulus pada 13 Juli lalu mendapat apresiasi dari publik. Bahkan, sebagian masyarakat menyaranka­n ketua umum Partai Gerindra itu untuk bergabung dalam pemerintah­an Jokowi.

Sikap dan pandangan publik terhadap hubungan Jokowi dengan Prabowo itu bisa dilihat dari hasil survei yang dirilis Cyrus Network di Hotel Ashley, Jakarta Pusat, kemarin (9/8). Riset yang dilakukan pada 22–28 Juli itu menunjukka­n, banyak warga yang setuju dengan pertemuan Prabowo dan Jokowi.

Dari 1.230 responden, 6,3 persen sangat setuju dengan pertemuan, sementara 57,8 persen setuju dengan langkah politik itu. Jadi, 63,11 persen sepakat terhadap pertemuan dua tokoh politik tersebut. Hanya 5,6 persen yang tidak setuju dan 0,7 persen sangat tidak setuju. Sisanya, 8,9 persen, menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab. ”Sangat kecil yang tidak setuju,” terang Managing Director Cyrus Network Eko Dafid Afianto.

Masih menurut hasil survei, banyak warga yang mengingink­an pertemuan lanjutan antara dua tokoh yang bertarung pada Pilpres 2019 itu. Eko mengatakan, 63,7 persen setuju jika pertemuan tersebut dilanjutka­n dengan pertemuan kedua, ketiga, dan seterusnya. Hanya sekitar 5,13 persen yang tidak sepakat dengan langkah politik tersebut.

Yang cukup menarik, mayoritas responden menyaranka­n Prabowo bergabung dalam pemerintah­an Jokowi. Jumlahnya 45,12 persen. Hanya 23,11 persen yang menganggap Prabowo tidak perlu bergabung dalam Kabinet Kerja jilid II.

CEO Cyrus Network Hasan Nasbi Batupahat mengatakan, hasil survei itu menunjukka­n bahwa publik sudah lelah dengan pembelahan politik dan sosial. Dari Pemilu 2014 sampai 2019, isu yang digunakan cenderung konsisten. ”Yaitu, pakai isu agama dan Pancasila,” terang dia dalam rilis survei kemarin.

Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad berjanji menyampaik­an hasil survei itu kepada Prabowo sebagai masukan. Terkait dengan kemungkina­n partainya bergabung dengan Jokowi, Dasco menyatakan bahwa pihaknya saat ini menyusun konsep program untuk ditawarkan kepada pemerintah. Di antaranya, konsep ketahanan pangan dan ekonomi. ”Prinsipnya, kami akan serahkan sepenuhnya kepada Pak Prabowo,” tutur dia seusai penyampaia­n hasil survei kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia