Jawa Pos

Jadwal Razia kok Diumumkan

-

INFORMASI tentang jadwal razia surat tanda nomor kendaraan (STNK) beredar melalui aplikasi percakapan WhatsApp kemarin (9/8). Isinya lengkap. Mulai waktu, lokasi, serta pihak-pihak yang terlibat dalam razia itu.

Kabar yang sama ternyata juga beredar di Facebook. Salah satu penyebarny­a adalah pemilik akun Moch Noval ( fb.com/moch. noval.71). ”Razia STNK Dimulai Hari Ini sampai dengan 31 Agustus 2019. Pemda Surabaya akhirnya kerja sama dengan Polri menggelar razia STNK. Bagi kendaraan yang telat pajak sampai dengan 3 tahun atau lebih.” Begitu penggalan informasi yang beredar.

Agar terlihat meyakinkan, informasi tersebut juga mencantumk­an instansi yang terlibat dalam melakukan razia. Di antaranya, Polres Gresik, Polresta Sidoarjo, Polrestabe­s Surabaya, dan Garnisun Tetap (Gartap) III Surabaya. Razia dilakukan di banyak tempat di Surabaya. Mulai kawasan di utara hingga selatan.

Saat dikonfirma­si, Kasatlanta­s Polrestabe­s Surabaya AKBP Evaguna Pandia menegaskan bahwa informasi itu palsu. Alumnus Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 2000 itu mengungkap­kan, informasi yang sama muncul setiap tahun dan terus diperbarui. ”Jangan percaya. Informasi itu terus disebarkan ulang,” ujarnya.

Tanggapan yang sama disampaika­n Kasatlanta­s Polresta Sidoarjo Kompol Fahrian Saleh Siregar. Dia memastikan bahwa kabar itu hoax. Dia juga sudah membagikan klarifikas­i langsung kepada masyarakat dan melalui media sosial.

Fahrian menjelaska­n, selama Agustus, kegiatan lalu lintas yang dilakukan lebih pada pendekatan preventif dan preemtif seperti pada umumnya. Tidak seperti yang tersebar dalam bentuk pesan berantai. ”Seperti biasanya. Patroli, penjagaan, dan penindakan di kawasan rawan pelanggara­n,” ujarnya.

Fahrian mengimbau masyarakat tidak langsung percaya terhadap informasi dari media sosial yang tidak jelas sumbernya. Cek dulu kebenarann­ya sebelum membagikan ulang ke orang lain. ”Lebih bijaklah dalam menggunaka­n media sosial,” pintanya.

Akun Twitter Satlantas Polresta Sidoarjo (@DikyasaSid­oarjo) juga memastikan informasi tentang razia itu palsu. ”Jangan di teruskan pesan WA ini dan jangan tanya-tanya lagi. murni 100.% hoax,” tulis akun tersebut. Anda dapat melihat posting-an itu di bit.ly/HoaxRazia.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia