Jawa Pos

SM-Prawira Kena Denda

-

JAKARTA, Jawa Pos – Satria Muda (SM) Pertamina Jakarta menjuarai IBL 3x3 setelah menaklukka­n Pelita Jaya 18-13 di Cilandak Town Square, Jakarta, Minggu lalu (4/8). Namun, kemenangan di salah satu event pramusim tersebut dicederai aksi tidak terpuji beberapa pemain SM. Mereka bersitegan­g dengan pemain Prawira Bandung di semifinal.

Akibatnya, dua pemain dari masingmasi­ng klub harus menerima sanksi dari IBL. Audy Bagastyo dan Avan Seputera dari SM serta Danny Ray dan Pandu Wiguna dari Prawira wajib membayar denda Rp 2 juta.

Direktur Utama IBL Junas Miradirsya­h berharap, denda itu dijadikan pelajaran oleh para pemain. ’’Sangat disayangka­n insiden pertikaian tersebut terjadi,’’ kata Junas. ’’Mengingat antusiasme dan animo masyarakat terhadap bola basket makin baik, seharusnya pemain juga memberikan contoh yang baik,’’ lanjut dia.

Keributan itu bermula dari aksi rebutan bola antara Audy dan Pandu. Saat itu pertanding­an menyisakan 3 menit 23 detik. Wasit menghentik­an kejadian itu dengan meniup peluit tanda held ball. Namun, kedua pemain telanjur emosional. Audy menindih badan Pandu. Power forward Prawira itu berusaha melepaskan cengkerama­n secara kasar. Audy terpelanti­ng.

Rekan setim Audy, Avan, mencoba melerai pertikaian. Namun gagal. Tensi tinggi membuat point guard

SM itu melayangka­n pukulan ke kepala Pandu. Keadaan makin panas. Danny yang tidak terima atas perlakuan Audy ikut-ikutan masuk ke situasi tersebut.

Wasit mendiskual­ifikasi empat pemain itu selama sisa pertanding­an yang berakhir dengan kemenangan SM 18-16 tersebut. Namun, dalam babak final yang digelar dua jam kemudian, SM sudah bisa tampil dengan formasi penuh.

Junasberha­rap,dengansank­siitu,tidak ada lagi kejadian serupa dalam semua eventIBL.Parapemain­jugamenyat­akan

menyesal. ’Ke depan saya harus lebih bisamengon­trolemosi.Apalagi,3x3kan tempotingg­i.Jadi,emosiagakl­ebihmudah tersulut,’ ucap Audy.

 ?? IBL FOR JAWA POS ?? MENYESAL: Audy Bagastyo (kanan) memeluk Christian Gunawan setelah Satria Muda Pertamina menjuarai IBL 3x3 Minggu malam lalu (4/8).
IBL FOR JAWA POS MENYESAL: Audy Bagastyo (kanan) memeluk Christian Gunawan setelah Satria Muda Pertamina menjuarai IBL 3x3 Minggu malam lalu (4/8).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia