Jawa Pos

LOLOS KE PON PAPUA

-

JAKARTA, Jawa Pos – Setelah memastikan tiket ke PON XX/2020 Papua, tim voli putri Jawa Timur masih mengejar ambisi lain. Yakni, merebut medali perunggu Pra-PON. Kelayakan mereka diuji dalam perebutan tempat ketiga hari ini. Yolanda Betha Pangestika dkk telah ditunggu tim Papua Barat di GOR Bulungan, Jakarta Selatan.

Jatim memiliki modal bagus untuk menghadapi Papua Barat. Sebab, Yolanda dkk pernah mengalahka­n mereka dalam babak penyisihan Kamis malam lalu (8/8). Saat itu, Jatim menang dengan skor 3-1 (25-22, 19-25, 25-17, 25-19).

Selain unggul head-to-head, Jatim lebih percaya diri setelah mengalahka­n DI Jogjakarta 3-0 (25-19, 25-14, 25-14) di babak penyisihan kemarin. Pertanding­an pemungkas fase grup itu memang tidak berpengaru­h apa pun pada posisi klasemen kedua tim. Meski begitu, Jatim tidak melonggark­an perlawanan.

’’Yang jelas, anak-anak bermain lebih tenang dan lebih bebas. Setelah lolos empat besar, otomatis beban

PUTRI

• • • • Jabar (juara bertahan) DKI Jakarta Jateng Jatim Papua Barat

PUTRA

• • Jatim (juara bertahan) Jabar Jateng

*) Keterangan: Sisa tiket bakal diperebutk­an dalam seleksi khusus wilayah Sumatera dan Sulawesi.

mereka sudah berkurang. Jadi bisa bermain lebih lepas,’’ papar Ayub Hidayat, pelatih Jatim.

Dalam pertanding­an tersebut, Ayub menurunkan banyak pemain lapis kedua. Selain memberikan kesempatan bagi semua pemain untuk merasakan pertanding­an, itu adalah strategi agar para pemain inti bisa menyimpan tenaga. Dengan begitu, kondisi mereka lebih prima menjelang perebutan tempat ketiga melawan Papua Barat.

’’Kami masih ada sisa satu pertanding­an lagi. Tentu ini (kemarin, Red) saatnya para pemain cadangan harus diberi kesempatan. Sehingga kalau di perebutant­empatketig­anantiadat­rouble, merekasiap­bermain,’ paparAyub.’Kami juga antisipasi dengan tampil seperti saat melawan Jogja,’ imbuhnya.

Kubu Papua Barat, sebaliknya, tidak punya konfidensi setinggi Jatim. Target mereka dari awal adalah masuk empat besar. Dan, itu sudah tercapai. ’’Pertanding­an selanjutny­a ini kami pandang sebagai upaya perbaikan performa saja. Terutama dari segi mental,’’ jelas pelatih Papua Barat Wilfridus Wahyu. ’’Beberapa pemain punya skill yang bagus, tapi mental masih kurang,’’ imbuhnya.

Untuk cabor voli, PON XX/2020 Papua memberikan jatah delapan tempat untuk masing-masing tim putra dan putri. Tuan rumah Papua sudah pasti lolos tanpa kualifikas­i. Demikian pula juara bertahan di kedua sektor. Saat ini, juara sektor putra dipegang tim Jatim, sedangkan putri Jabar.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia