Jawa Pos

Naik Proton Disetiri Dr M Lagi

-

JAKARTA, Jawa Pos – Presiden Joko Widodo (Jokowi) duduk di kursi penumpang mobil Proton Persona kemarin (9/8). Pengemudin­ya sosok yang istimewa, Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohamad. Perjalanan singkat itu terjadi setelah pertemuan bilateral di Perdana Putra Building, Putrajaya. Rombongan Indonesia dibawa ke Dining Hall untuk perjamuan makan siang.

Itu merupakan kali kedua Jokowi disetiri PM yang punya panggilan akrab Dr M tersebut. Dua-duanya menggunaka­n mobil produk asli Malaysia itu. ”Lebih empat tahun lalu, saat berkunjung ke Malaysia, beliau juga mengajak saya untuk test drive mobil Proton yang disetir sendiri. Kecepatann­ya sungguh mendebarka­n: sampai 180 kilometer per jam. Tapi perjalanan hari ini lebih kalem. Pelan-pelan melaju dalam rangkaian kendaraan hehe,” tulis Jokowi di akun Instagram-nya.

Kunjungan kenegaraan itu merupakan lawatan balasan atas kedatangan Dr M ke Istana Kepresiden­an Bogor pada Juni tahun lalu. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang turut serta bersama rombongan presiden menerangka­n bahwa pertemuan tersebut membahas beberapa hal. Meliputi pendidikan bagi anak WNI dan tenaga kerja Indonesia yang berada di Malaysia, penyelesai­an perbatasan, serta komitmen untuk bersatu melawan diskrimina­si produk kelapa sawit kedua negara.

Mereka bersepakat untuk bersama menghadapi diskrimina­si produk oleh Uni Eropa. ”Kedua pemimpin memiliki komitmen yang tinggi untuk meneruskan perlawanan terhadap diskrimina­si sawit,” imbuh Retno.

Seusai kunjungan ke Malaysia, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana langsung bertolak ke Singapura guna memenuhi undangan perayaan hari nasional Singapura.

 ?? BPMI SETPRES/MUCHLIS JR ?? ULANG MOMEN 2015: Presiden Jokowi naik mobil Proton Persona warna merah yang dikemudika­n Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohamad dari Perdana Putra Building, Putrajaya, kemarin.
BPMI SETPRES/MUCHLIS JR ULANG MOMEN 2015: Presiden Jokowi naik mobil Proton Persona warna merah yang dikemudika­n Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohamad dari Perdana Putra Building, Putrajaya, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia