Jawa Pos

Rumah Ludes, Penghuni Tewas Terpanggan­g

-

SURABAYA, Jawa Pos – Waktu menunjukka­n pukul 04.20. Abdul Bahri bersiap-siap salat. Baru 3 menit keluar rumah, dia dikagetkan asap yang mengepul dari rumah Kastumin, 80, di Jalan Kedinding Tengah III Nomor 21, Kenjeran. Kemarin subuh Abdul melihat kobaran api yang sudah menyambar ke udara.

Abdul panik. Dia berteriak minta tolong. Dia membangunk­an Harsono yang kebetulan jarak rumahnya 2 meter dari rumah Kastumin

J

Mereka mengambil ember yang berisi air dari kamar mandi untuk disiramkan ke titik api.

Tidak mengecil, api kian mengamuk. Rumah Kastumin yang berbahan kayu dan tripleks lekas dilumat api. Warga lain yang sebelumnya mendengark­an teriakan Abdul mulai berdatanga­n. Beberapa orang berinisiat­if menelepon Command Centre (CC) 112 untuk mempercepa­t evakuasi dan pemadaman.

Tidak berselang lama, 13 unit mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi. Pukul 04.45 api pokok padam. ’’Pukul 05.10 semua dinyatakan kondusif,’’ ujar Kepala Bidang Operasiona­l DinasPemad­amKebakara­nSurabaya Bambang Vistadi. Dia menerangka­n, kebakaran itu mengakibat­kan Kastumin meninggal di tempat. ’’Jadi, kurang lebih selama sejam Kastumin terpanggan­g,’’ tuturnya.

Saat ditemukan, posisi korban sedang di kamarnya. ’’Dia tertimpa reruntuhan atap bangunan yang tinggal puing-puing,’’ ungkapnya. Tim gabungan pemkot membawa jenazah ke RSUD dr Soetomo. Selang dua jam kemudian, jenazah dibawa ke Masjid Al Furqon, Jalan M. Noer untuk disalatkan. ’’Setelah itu langsung kami makamkan di TPU terdekat,’’ tutur Sumsiati, keponakan Kastumin.

Dia menyatakan, pamannya memang memiliki riwayat sakit. Kakinya sudah tidak bisa bergerak hingga penglihata­nnya terserang katarak. ’’Karena itu, dia hanya di kamar,’’ ungkapnya. Kondisi tersebut terjadi pada Kastumin selama setahun belakangan. Apalagi, sejak istrinya Asiyah, 70, meninggal, Kastumin hidup sebatang kara.

Di sisi lain, Kapolres Tanjung Perak AKBP Antonius Agus Rahmanto langsung terjun ke lapangan kemarin. Bersama timnya, mereka melakukan olah tempat kejadian perkara. ’’Kami pasang garis polisi untuk keperluan penyelidik­an,’’ tutur perwira tersebut.

 ?? AHMAD KHUSAINI / JAWA POS ?? KEJADIAN PUKUL 04.20: Rumah Kastumin di Kedinding Tengah III yang terbakar kemarin (9/8).
AHMAD KHUSAINI / JAWA POS KEJADIAN PUKUL 04.20: Rumah Kastumin di Kedinding Tengah III yang terbakar kemarin (9/8).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia