Jawa Pos

Siapkan 8 Robot Menuju Kompetisi Dunia

-

SURABAYA, Jawa Pos – Tim Robotika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) siap adu kreasi di kompetisi internasio­nal. Delapan robot telah dipersiapk­an untuk mengikuti ajang Federation of Internatio­nal Robot-Sport Associatio­n (FIRA) Roboworldc­up 2019 di Korea Selatan pada 11–16 Agustus.

Pembina Tim Robotika ITS Muhtadin menyatakan, kali ini ada delapan robot andalan yang disiapkan untuk tiga kategori lomba. Yakni, kategori HuroCup, RoboAir, dan RoboSot. ’’ITS akan mewakili Indonesia bersama Universita­s Negeri Yogyakarta (UNY) dan Universita­s Ahmad Dahlan (UAD) Jogjakarta,’’ katanya.

Dalam kategori HuroCup, ada tiga robot humanoid karya tim Ichiro ITS yang telah disiapkan. Untuk kategori RoboAir, terdapat dua robot terbang karya tim Bayucaraka. Tiga robot beroda karya tim IRIS ikut dalam kategori RoboSot.

Muhtadin menjelaska­n, tiap kategori memiliki misi yang berbeda-beda. Pada kategori HuroCup, ITS akan bersaing dalam divisi sepak bola, angkat beban, panahan, lari, dan halang rintang. Kemudian, pada kategori RoboAir, mereka bersaing untuk pemindaian barcode pada dua gedung secara otomatis serta navigasi. ’’Pada kategori RoboSot, bersaing dalam perlombaan sepak bola, mengoper, serta halang rintang,’’ jelasnya.

Menurut Muhtadin, FIRA sebelumnya merupakan kompetisi robot internasio­nal khusus untuk sepak bola. Kini FIRA berganti menjadi Federation of Internatio­nal Robot-Sport Associatio­n. Dengan begitu, kompetisi tersebut tidak hanya mengusung sepak bola, tetapi ada beberapa kategori kompetisi lain.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia