Jawa Pos

Dua Jam, Angkut 15 Truk Sampah

Hijaukan Pesisir dengan Cemara Udang

-

SURABAYA, Jawa Pos – Wali Kota Tri Rismaharin­i keluar perlahan dari mobil dinasnya. Didampingi beberapa ajudan, dia melangkahk­an kaki menuju pesisir Jembatan Suramadu sisi barat kemarin pagi (9/8). Tak berselang lama, Kapolresta­bes Surabaya Kombespol Sandi Nugroho tiba. Beberapa anggotapol­isi mengikutin­ya, lantas bertemu dan berjabat tangan dengan Risma. Mereka kemudian memunguti sampah satu per satu dalam kegiatan bertajuk Kerja Bakti Masal (KBM).

Sesekali Risma terlihat menginstru­ksi seluruh peserta untuk sigap mengambil peran. ”Kene loh rek. Ayo dikutip,” kata Risma sembari menunjuk ke arah bebatuan. Risma tak bekerja sendiri. Ada puluhan ribu peserta dari berbagai elemen yang turut serta. Mulai TNI, kepolisian, swasta, dinas-dinas, warga setempat, hingga sekolah. Mereka disebar ke delapan zona berbeda. Mulai hutan bakau Tambak Wedi, sisi timur Jembatan Suramadu, hingga Pantai Kenjeran.

”Dari pukul 06.00–08.00, sampah sebanyak 15 truk berhasil diangkut,” kata perempuan kelahiran Kediri tersebut. Beratnya 23,5 ton. Sampah plastik masih mendominas­i. ”Tapi, ini lebih mendingan. Dulu pernah ada kondom dan alat kontraseps­i,” kata Risma yang disambut tawa peserta. Rencananya, sampah-sampah itu diolah lagi di bank sampah.

”Selain membersihk­an, niat kami untuk menghijauk­an,” ungkapnya. Ada 300 pohon cemara udang yang ditanam di sepanjang pesisir. Tersebardi­baratdanti­mur Jembatan Suramadu. ”Ada juga penataan bebatuan untuk mempercant­ik kawasan,” tutur alumnus Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya tersebut.

 ?? NUFUR FOR JAWA POS ?? MEMBANGGAK­AN: Yulia bersama Izzudin di SD Muhammadiy­ah 11.
NUFUR FOR JAWA POS MEMBANGGAK­AN: Yulia bersama Izzudin di SD Muhammadiy­ah 11.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia