Jawa Pos

PKB Pilih Usman untuk Ganti Wawan

Bursa Pimpinan DPRD Menghangat

-

SIDOARJO, Jawa Pos - Pelantikan anggota legislatif terpilih memang masih menunggu waktu. Namun, partai-partai telah memikirkan langkah berikutnya. Yaitu, mengirim nama calon pimpinan DPRD Sidoarjo.

Partai Gerindra mengusulka­n dua nama. Yakni, Widagdo dan Anang Siswandoko. Satu di antara dua nama tersebut bakal menjadi wakil ketua DPRD. Sekretaris DPC Gerindra Suwono menyatakan memang telah mengirim dua nama ke DPP Partai Gerindra pada 27 Juli lalu. Benarkah dua nama tersebut? Siswono enggan berkomenta­r lebih jauh. ’’Nanti saja kalau sudah terpilih,’’ ucapnya.

PDIP juga tengah menyodorka­n nama calon pimpinan dewan. Ada lima kader. Yaitu, Taufik Hidayat Tri Yudono, Bambang Riyoko, Wisnu Pradono, Tarkit Erdianto, serta Suyarno. Sekretaris DPC PDIP Samsul Hadi menyatakan, awalnya hanya tiga nama yang hendak dikirim. ’’Namun, sebelum dikirim ada tambahan Pak Wisnu dan Pak Tarkit,’’ jelasnya. Penetapan wakil ketua dewan sepenuhnya kewenangan DPP PDIP.

Lain halnya PKB. Partai berlambang bumi dan sembilan bintang itu sudah mengusulka­n calon ketua dewan. Ada delapan nama. Di antaranya, Subandi, Sullamul Hadi Nurmawan atau Gus Wawan, Dhamroni Chludori, Abdillah Nasih, dan Usman. Tiga nama lainnya ialah Saiful Ma’ali, Rizza Ali Faizin, serta Ainun Jariyah.

Bahkan, PKB sudah melangkah jauh. Tujuh di antara delapan calon tersebut telah menjalani uji kelayakan dan kepatutan. Dhamroni, Sullamul, serta Usman. Satu peserta, yakni Ainun Jariyah, dipastikan gagal. Dia tidak hadir saat seleksi.

Sekretaris DPC PKB Abdillah Nasih mengatakan masih menunggu keputusan DPP PKB. Penetapan ketua mungkin bersamaan dengan pemilihan ketua fraksi. ’’Bisa sebelum pelantikan atau sesudah pelantikan,’’ tuturnya.

Ketua DPC PKB Sidoarjo Saiful Ilah sudah punya pilihan. Dia memilih Usman. “Usman saja,” katanya saat membuka rakor Penanggula­ngan Bencana di Fave Hotel pada Kamis (8/8).

Menurut Saiful, sosok Usman dinilai mampu memimpin lembaga dewan. Yang paling penting, dia bisa sejalan dengan pemkab. “Setelah terpilih nanti saya dan Pak Usman segera meneken komitmen,” tegasnya.

 ?? DOK PRIBADI ?? Usman
DOK PRIBADI Usman
 ?? DOK JAWA POS ?? Sullamul Hadi Nurmawan
DOK JAWA POS Sullamul Hadi Nurmawan

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia