Jawa Pos

Pajero Pecah Ban, Dua Tewas

Laka di Jalan Tol Jombang–Mojokerto

-

JOMBANG, Jawa Pos – Kecelakaan terjadi di jalan tol Jombang–Mojokerto (Jomo). Kemarin Mitsubishi Pajero Sport terguling di Kilometer (Km) 703+200, masuk Desa Jombok, Kecamatan Kesamben. Dua orang tewas serta mobil rusak parah.

Dari data yang dihimpun, kecelakaan tersebut berlangsun­g pukul 09.00. Pajero Sport warna hitam bernopol AE 1463 NW yang melintas dari arah barat (Madiun) menuju timur (Surabaya) yang tengah disopiri Arditya Bima Yurista S., 25, itu melaju dengan kecepatan tinggi.

’’Pengemudi dari Magetan ke arah Surabaya melaju dengan kecepatan 110 kilometer per jam,’’ terang Project Operationa­l Manager PT Astra Infratoll Solution Yanuar Firmanto.

Perjalanan yang semula nyaman itu berbuah petaka ketika masuk ke Km 703+200 lajur B (Surabaya–Jombang). Mobil berpenumpa­ng delapan orang tersebut tiba-tiba mengalami pecah ban di bagian belakang sisi kanan hingga mobil pun mulai oleng.

’’Karena pecah ban itu, dia (sopir, Red) mengerem dan membanting setir ke kanan. Karena kecepatan tinggi, mobilnya terbang dan terperosok di median jalan hingga melintas jalur,’’ lanjut Yanuar.

Mobil itu baru berhenti di jalur sebaliknya dengan posisi menghadap ke barat. Akibat kecelakaan tersebut, seluruh bodi mobil Pajero Sport rusak parah. Seluruh kaca pecah dan bodi mobil ringsek. Beberapa aset tol, sebut Yanuar, juga rusak karena kecelakaan itu.

’’Kondisi mobil rusak berat. Beberapa aset seperti tiang wire rope, peg bobbin, post cap, block piece, baut welding, hingga guide post juga terdampak. Kasusnya ditangani Unit Laka Satlantas Polres Jombang,’’ tambahnya.

Selain kerusakan pada kendaraan, sejumlah penumpang menderita luka ringan hingga berat. Bahkan, dua di antaranya meninggal di rumah sakit setelah sempat menerima perawatan.

’’Perinciann­ya, dua orang meninggal di dua rumah sakit, yaitu RS Basoeni Mojokerto dan RS Al Aziz Tembelang. Satu anak luka berat dirawat di RSUD Jombang. Sementara itu, sopir dan empat orang lain luka ringan,’’ terang Kanit Laka Satlantas Polres Jombang Iptu Sulaiman saat dikonfirma­si.

Berdasar hasil olah kejadian perkara, kecelakaan tersebut disebabkan sopir Pajero Sport yang mengemudi dengan kecepatan tinggi dan kurang berhati-hati. ’’Kendaraan yang terlibat sudah diamankan di mako untuk penyelidik­an lebih lanjut,’’ jelasnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia