Jawa Pos

IPC Serahkan Ratusan Hewan Kurban

-

PT Pelabuhan Indonesia II (Persero)/IPC melalui IPC Group menyalurka­n ratusan hewan kurban untuk tenaga kerja bongkar muat di pelabuhan serta masyarakat yang tinggal di sekitar area pelabuhan. Hewan-hewan kurban itu diserahkan kepada perwakilan pengurus masjid yang nanti menyelengg­arakan pemotongan hewan kurban untuk selanjutny­a didistribu­sikan kepada masyarakat yang paling berhak.

’’Bagi muslim, kurban merupakan ibadah yang diajarkan Nabi Ibrahim sebagai wujud kepatuhan atas perintah Tuhan. Selain itu, dengan berkurban, kita membangun solidarita­s terhadap sesama umat manusia,” ujar Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) IPC Rizal Ariansyah di sela penyerahan hewan kurban secara simbolis di halaman Masjid Khodamutta­qwa, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, kemarin (10/8).

Khusus di Pelabuhan Tanjung Priok dan Sunda Kelapa, IPC menyerahka­n 83 sapi kepada beberapa pengurus masjid yang berada di sekitar area pelabuhan. Penyerahan hewan kurban juga dilakukan di seluruh pelabuhan kantor cabang IPC dan kantor anak perusahaan IPC. Total hewan kurban yang diserahkan terdiri atas 245 sapi dan 21 kambing.

Rizal menjelaska­n, penyaluran hewan kurban untuk masyarakat yang tinggal di sekitar area pelabuhan merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun. Kegiatan itu juga merupakan wujud program ’’BUMN Hadir untuk Negeri’’ yang manfaatnya dirasakan langsung oleh masyarakat sekitar.

’’Tentu masyarakat yang dimaksud adalah masyarakat yang lebih membutuhka­n dan lebih berhak. Pendistrib­usiannya dilakukan para pengurus masjid yang bekerja sama dengan warga setempat,” jelasnya.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, sebagian pengadaan hewan-hewan kurban di lingkungan IPC dilakukan atas kerja sama dengan PT Berdikari (Persero), perusahaan BUMN yang fokus bergerak di bidang peternakan. PT Berdikari menjamin hewan kurban untuk warga tersebut berkualita­s tinggi serta memiliki sertifikat keterangan sehat dan halal. ’’Kerja sama ini juga bentuk dari sinergi BUMN,” tambah Rizal.

PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau IPC sebagai operator pelabuhan terbesar di Indonesia mempunyai visi untuk menjadi pengelola pelabuhan kelas dunia yang unggul dalam operasiona­l dan pelayanan. IPC memiliki 12 cabang pelabuhan yang tersebar di wilayah bagian barat Indonesia, yakni Pelabuhan Tanjung Priok, Sunda Kelapa, Palembang, Pontianak, Teluk Bayur, Banten, Bengkulu, Panjang, Cirebon, Jambi, Pangkal Balam, dan Tanjung Pandan.

Selain itu, IPC memiliki 17 anak perusahaan dan perusahaan afiliasi yang terdiri atas PT Pelabuhan Tanjung Priok, PT Jakarta Internatio­nal Container Terminal, PT Pengembang Pelabuhan Indonesia, PT Indonesia Kendaraan Terminal, PT Energi Pelabuhan Indonesia, PT Integrasi Logistik Cipta Solusi, PT Jasa Peralatan Pelabuhan Indonesia, PT Pengerukan Indonesia, PT Electronic Data Interchang­e Indonesia, PT Terminal Petikemas Indonesia, PT Pendidikan Maritim dan Logistik Indonesia, PT IPC Terminal Petikemas, PT Rumah Sakit Pelabuhan, PT Multi Terminal Indonesia, PT Jasa Armada Indonesia Tbk, KSO TPK Koja serta PT Pelabuhan Indonesia Investama.

 ?? RATIH PARAMITHA/JAWA POS ?? CSR: Penyaluran hewan kurban untuk masyarakat yang tinggal di sekitar area pelabuhan merupakan kegiatan rutin yang dilakukan IPC setiap tahun.
RATIH PARAMITHA/JAWA POS CSR: Penyaluran hewan kurban untuk masyarakat yang tinggal di sekitar area pelabuhan merupakan kegiatan rutin yang dilakukan IPC setiap tahun.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia