Jawa Pos

759 Personel Jaga Idul Adha

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Jajaran kepolisian menyiapkan kekuatan penuh untuk menjaga hari raya Idul Adha di Kota Delta. Jumlah personel yang disiagakan mencapai 759 orang. Hal itu diungkapka­n Kapolresta Sidoarjo Kombespol Zain Dwi Nugroho kemarin (10/8). ”Untuk memastikan semua berjalan lancar dan aman,” katanya.

Menurut dia, ratusan personel tersebut akan disebar ke semua kawasan. Bukan hanya di daerah sekitar pusat kota, melainkan juga di wilayah perbatasan. Misalnya, Tarik, Prambon, Waru, Krembung, dan Jabon.

Zain menyatakan, pengamanan itu melibatkan seluruh satuan. Mulai reskrim, lantas, intelkam, binmas, sampai resnarkoba. Nah, pengamanan­nya sendiri akan terbagi dalam dua tipe. ”Terbuka dan tertutup,” sebutnya. Mayoritas personel bakal mengenakan seragam. Namun, sebagian juga memakai pakaian sipil.

Sejumlah titik bakal mendapat perhatian. Misalnya, tempat keramaian. Yakni, GOR Delta dan alun-alun. ”Dijaga jangan sampai ada penyebab munculnya gangguan keamanan dan ketertiban,” jelasnya.

Titik lain yang mendapat pengawasan, imbuh dia, adalah pusat perbelanja­an dan tempat transporta­si. Mulai terminal, bandara, hingga stasiun. ”Polri harus menjamin warga merasa aman dan nyaman,” ucap perwira dengan tiga melati di pundak tersebut.

Kasatlanta­s Polresta Sidoarjo Kompol Fahrian Saleh Siregar menambahka­n, pihaknya mewaspadai potensi kemacetan di beberapa simpul. Misalnya, sekitar Terminal Purabaya di Waru. ”Dilakukan rekayasa kalau memang dibutuhkan,” terangnya. ”Di Idul Adha tetap ada yang mudik. Meski tidak sebanyak Idul Fitri,” lanjutnya.

Fahrian menambahka­n, personelny­a bakal bergerak mobile memantau arus lalu lintas. Mereka menyebar di semua jalur perbatasan di luar kota. ”Jalur barat mendapat perhatian lebih karena selama ini rawan kecelakaan,” tuturnya. Dia berharap kekhawatir­an itu tidak terbukti. Tidak ada insiden kecelakaan maut yang mewarnai hari raya Idul Adha.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia