Jawa Pos

Lemak Dibekukan, Keluar lewat Metabolism­e Tubuh

-

SURABAYA, Jawa Pos – Lemak berlebih pada tubuh merupakan momok bagi sebagian orang. Tak hanya memengaruh­i kesehatan, tetapi juga dianggap mengganggu penampilan. Berbagai cara dilakukan untuk menghilang­kan lemak yang menggelamb­ir itu. Namun, tak jarang lemak tersebut tetap bertahan.

Dokter Esther Magdalena Rumondor menjelaska­n, ada dua macam lemak pada tubuh. ”Pertama, lemak subkutan. Yaitu, lemak yang berada tepat di bawah kulit. Kedua, lemak visceral, lemak di dalam organ,” jelasnya dalam talk show Freeze Out Your Double Chin di Esther House of Beauty kemarin (10/8).

Lemak subkutan sering muncul ketika berat tubuh berkurang karena diet maupun olahraga. Namun, masih ada lemak tersisa yang membuat kulit di bagian tertentu tampak menggelamb­ir. Biasanya itu muncul pada lengan, dagu, perut, bra-fold, pinggang, pantat, paha, lutut, dan betis. ”Nah, lemak ini adalah lemak subkutan yang memang susah hilang,” ucapnya. Lemak di bawah kulit itu berbentuk kecil-kecil mengumpul mirip buah anggur.

Untuk menghilang­kan lemak tersebut, bisa dilakukan pembekuan (fat freezing). ”Saat sel lemak yang seperti buah anggur itu dibekukan, di tubuh seperti ada polisinya. Dia akan tahu lemak yang sudah beku tadi menjadi lemak mati dan dianggap benda asing dalam tubuh,” jelasnya.

Dari situ, lemak-lemak yang telah mati tersebut akan keluar lewat metabolism­e tubuh. Menghilang­kan lemak pada tubuh dengan cara pembekuan tidak menghilang­kan berat badan tubuh. ’’Jadi, yang dikejar memang hanya lemaknya. Misalnya nih, berat tubuh sudah ideal. Saat lemak itu hilang, berat tubuh tetap sama,’’ ungkapnya.

 ?? ALFIAN RIZAL/JAWA POS ?? UNTUK SEHARI-HARI: Adiasma Diaz (kiri) dan Rezi Agung menunggang moge tidak hanya saat touring atau weekend.
ALFIAN RIZAL/JAWA POS UNTUK SEHARI-HARI: Adiasma Diaz (kiri) dan Rezi Agung menunggang moge tidak hanya saat touring atau weekend.
 ?? MARIYAMA DINA/JAWA POS ?? HILANGKAN LEMAK: Dokter Esther Magdalena Rumondor menjelaska­n proses pembekuan lemak subkutan.
MARIYAMA DINA/JAWA POS HILANGKAN LEMAK: Dokter Esther Magdalena Rumondor menjelaska­n proses pembekuan lemak subkutan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia