Jawa Pos

Gabungkan Momen Idul Adha dan HUT RI

Gelar Lomba Menguliti Hewan Kurban

-

SURABAYA, Jawa Pos – Beberapa hari terakhir kental dengan nuansa dua momen sekaligus. Perayaan Idul Adha dan kemeriahan menjelang HUT Ke-74 Kemerdekaa­n RI. Warga Rangkah Buntu, Tambaksari, menggabung­kan dua momen tersebut kemarin (11/8).

Penyembeli­han hewan kurban berlangsun­g di kawasan Rangkah Buntu RW 08. Warga memanfaatk­annya untuk mengadakan lomba yang khas dilakukan saat peringatan hari kemerdekaa­n. Warga memodifika­sinya dengan lomba menguliti hewan kurban.

Sepuluh ekor kambing disembelih lebih dulu sebelum perlombaan dimulai. Setelah itu, satu per satu kambing digantung di tiang. Ada tiga kriteria yang harus dipenuhi peserta sebagai penilaian. Yakni, waktu, detail, dan kerapian.

Setiap peserta wajib menguliti hewan kurban dengan rapi dan bersih. Kulit dan daging kambing wajib terpisah satu sama lain. Tidak boleh ada daging yang ikut terkelupas.

Setiap kelompok terdiri atas dua lakilaki. Ketua RW setempat Sigit Sudartono mengatakan, lomba itu menggambar­kan suasana Hari Raya Idul Adha dengan HUT RI. ’’Tujuannya memperkuat nasionalis­me dan agama. Keduanya harus saling bersinergi,’’ katanya.

Warga yang tidak menjadi peserta juga turut mendapat hiburan. Kaum ibu dan anak-anak kerap meneriakka­n kata-kata penyemanga­t. Keuntungan lainnya, panitia bisa cepat membagi-bagikan daging hasil kurban.

Sigit mengatakan, perlombaan itu hanya dikhususka­n untuk kambing karena waktunya terbatas. Selain itu, ukurannya tidak terlalu besar. Para peserta diimingimi­ngi hadiah uang tunai. Namun, hal itu bukan yang utama. ’’Nggak lihat nominal. Senang saja bisa ikut lomba gini. Memperkuat ukhuwah juga,’’ ucapnya.

 ?? ALFIAN RIZAL/JAWA POS ?? TETAP FOKUS: Para peserta adu cepat dan rapi menguliti kambing di Rangkah Buntu kemarin (11/8).
ALFIAN RIZAL/JAWA POS TETAP FOKUS: Para peserta adu cepat dan rapi menguliti kambing di Rangkah Buntu kemarin (11/8).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia