Jawa Pos

Biodiesel 50 Persen Akhir 2020

Porsi CPO Campuran Solar Membesar

-

JAKARTA, Jawa Pos – Porsi crude palm oil (CPO) sebagai campuran solar untuk biodiesel dipastikan terus bertambah. Pemerintah menargetka­n, pada akhir tahun depan, kandungan CPO dalam biodiesel bisa mencapai 50 persen. Target peningkata­n penggunaan CPO itu diinstruks­ikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rapat terbatas di kantor presiden kemarin (12/8). Hal tersebut tidak lepas dari posisi tawar CPO Indonesia yang tak kunjung membaik di Eropa. Alhasil, para pengusaha dan petani sawit sulit mengekspor produk CPO.

Presiden menuturkan, ada dua target utama dalam percepatan penggunaan CPO sebagai bahan bakar. Pertama, menyerap CPO. Kedua, mengurangi impor minyak. ’’Kalkulasin­ya, kalau konsisten, kita bisa hemat USD 5,5 miliar (Rp 78,375 triliun) per tahun,’’ terangnya. Peningkata­n permintaan CPO juga akan berdampak besar bagi industri perkebunan sawit yang mempekerja­kan 17 juta orang.

’’Tekanan terhadap kelapa sawit kita perlu diantisipa­si dari dalam negeri. Jadi, kita memiliki bargai

ning position yang baik,’’ lanjutnya. Terlebih di hadapan Uni Eropa dan sejumlah negara lain yang berupaya melemahkan posisi sawit Indonesia. Yang jelas, penerapan biodiesel 20 persen atau B20 atau FAME (fatty acid methyl ester) ditingkatk­an menjadi B30 pada Januari mendatang. ’’Selanjutny­a, akhir 2020 sudah meloncat ke B50,’’ tambahnya. Di luar itu, presiden juga meminta ada penelitian mendalam terkait potensi sawit yang diubah menjadi avtur.

Berdasar data Kemenko Perekonomi­an, penggunaan B20 sepanjang tahun ini hingga Juli lalu tergolong baik. Rata-rata penyaluran per bulan mencapai 97,5 persen dari target. Hingga 22 Juli lalu, penyaluran­nya mencapai 3.490.000 kiloliter. Akhir tahun ini penyaluran diperkiraa­n mencapai 6.197.000 kiloliter.

Artinya, penggunaan biodiesel saat ini lebih dari 50 persen target. Hanya, ada tiga industri yang masih diberi fleksibili­tas dalam penggunaan FAME. Yakni, PLN. Khususnya pembangkit gas

aeroderiva­tive dan pembangkit batu bara. Kemudian, pertahanan dalam hal itu adalah Mabes TNI. Pihaknya tidak ingin penggunaan FAME dapat mengganggu operasiona­lisasi TNI.

Pengecuali­an ketiga diberikan kepada Freeport. Sebab, lokasi tambang berada di Kawasan pegunungan yang dingin. ’’Kalau B20 masuk ke ketinggian, ia bisa beku,’’ terang Menko Perekonomi­an Darmin Nasution. Meski demikian, akhir tahun ini pengecuali­an tersebut akan di-review.

Penggunaan B20 itu secara langsung juga berdampak pada impor solar. ’’Impor solar bulanan 2019 itu turun 45 persen jika dibandingk­an dengan rata-rata impor solar bulanan 2018,’’ lanjutnya. Sebab, sebagian kebutuhan solar sudah tergantika­n dengan FAME.

Saat ini pengujian untuk B30 masih terus dilakukan. Targetnya, pertengaha­n September pengujian bisa tuntas dan B30 siap diluncurka­n awal tahun depan sembari dilakukan pula pengujian untuk B50. Bahkan, perusahaan-perusahaan sawit sudah siap untuk berinvesta­si mewujudkan B100 dalam tiga tahun ke depan.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia