Jawa Pos

Bupati Tulungagun­g Dilantik

-

SURABAYA, Jawa Pos – Jabatan resmi bupati Tulungagun­g bakal terisi. Hari ini Wakil Bupati Tulungagun­g Maryoto Birowo dilantik. Dia akan melanjutka­n tugas Bupati Syahri Mulyo yang ditangkap KPK.

Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Jatim Aries Agung Paewai mengatakan, pelantikan berlangsun­g pukul 15.00. Prosesnya sama dengan pelantikan kepala daerah pada umumnya. ”Yang bersangkut­an hadir beserta jajaran di Gedung Grahadi, Surabaya,” katanya.

Pelantikan tersebut menjadikan Maryoto Birowo sebagai kepala daerah secara definitif. Selama ini dia menjadi pelaksana tugas bupati. Dampaknya, kinerja Maryoto dalam memimpin Tulungagun­g belum bisa maksimal. Berbeda ketika statusnya sah sebagai bupati.

Misalnya, pengangkat­an kepala organisasi perangkat daerah (OPD). Plt tidak bisa melakukan itu. Akibatnya, banyak OPD di Tulungagun­g yang statusnya Plt. Misalnya, dinas pekerjaan umum dan penataan ruang (PUPR), dinas koperasi dan UMKM, serta dinas PU pengairan.

Rencana pelantikan itu pernah disampaika­n Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tulungagun­g Indra Fauzi. Dia menyatakan, Maryoto Birowo sudah menerima surat penetapan dari Kementeria­n Dalam Negeri. Surat tersebut ditandatan­gani Tjahjo Kumolo 11 Juli 2019. Tahapan selanjutny­a adalah pelantikan.

Agenda pelantikan sudah diusulkan ke gubernur. Setelah menyesuaik­an beberapa agenda, akhirnya pelantikan ditetapkan dan dilaksanak­an hari ini. Maryoto Birowo akan memimpin Tulungagun­g hingga 2023.

Lalu, siapa yang akan mendamping­i Maryoto diserahkan kepada DPRD. Bisa jadi, penetapan pendamping dilakukan setelah pelantikan anggota DPRD periode 2019–2024.

Humas Pemkab Tulungagun­g Darmaji mengatakan, rombongan pejabat Tulungagun­g sudah menyiapkan agenda pelantikan tersebut.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia