Jawa Pos

Tidak Linier dengan Finis

-

Tanpa Antonio Ruediger yang mengalami cedera dan kepergian David Luiz mendekati start kompetisi membuat opsi duet bek tengah Chelsea minim. Kurt Zouma yang dua musim terakhir dipinjamka­n mengganjal Marcus Rashford yang berbuah hukuman penalti. Sapuan dan intersep Zouma serta partnernya, Andreas Christense­n, juga di bawah fullback Cesar Azpilicuet­aEmerson Palmieri. Meski mencatat tembakan yang membentur tiang saat laga baru berjalan empat menit, Tammy Abraham terlalu dibebani sebagai ujung tombak. Mengakhiri laga tanpa satu pun tembakan dan akurasi passing terburuk di antara pemain Chelsea yang bermain.

REKOR langsung ditorehkan Frank Lampard dalam laga kompetitif pertamanya bersama Chelsea. Kekalahan 0-4 oleh Manchester United di Old Trafford kemarin WIB (12/8) menjadi kekalahan terbesar yang dialami Chelsea saat memulai kompetisi domestik.

Gara-gara kekalahan empat gol tanpa balas itu, Four Four Two memberikan prediksi yang berani tentang pencapaian Chelsea di akhir musim Premier League 2019–2020. Yakni, terlempar dari zona Liga Champions atau posisi empat besar. ’’Pelatih baru dengan jam terbang belum teruji, kehilangan pemain bintang (Eden Hazard, Red), serta larangan transfer menghadirk­an situasi runyam bagi musim perdana Lampard di Chelsea,’’ tulis Four Four Two.

Sejak First Division berganti nama menjadi Premier League pada musim 1992–1993, Chelsea hanya dua kali kalah dalam laga perdana di kandang lawan. Masingmasi­ng pada musim 1997–1998 dan berlanjut musim berikutnya (1998–1999). Lawan dan skornya sama. Takluk 1-2 di tangan Coventry City.

Namun, kalah di awal tidak lantas membuat nasib Chelsea di akhir musim merana. The Blues masih bisa finis empat besar pada 1997–1998 dan naik satu strip di musim berikutnya. ’’Prediksi-prediksi soal di posisi mana kami akan finis justru melecut semangat kami untuk membuktika­n kalau itu salah,’’ ucap Lampard.

Masalahnya, start kalah di 1997–1998 berbuah pemecatan bagi pelatih Chelsea kala itu, Ruud Gullit. Legenda Belanda tersebut diberhenti­kan pada 12 Februari. ESPN ESPN Daily Mail Express

8

ESPN Daily Mail Express Daily Mail

8 8 9 8

Express

9

Meski sama-sama pelatih muda dan mengusung skema 4-2-3-1, aplikasi permainan dari pelatih Manchester United Ole Gunnar Solskjaer lebih dinamis ketimbang pelatih Chelsea Frank Lampard. Solskjaer menginstru­ksikan formasi menjadi 4-4-1-1 ketika serangan balik. Jorginho dan Mateo Kovacic tidak terbiasa memainkan peran sebagai double pivot dan gagal menjadi tembok bagi pertahanan. Kali terakhir Chelsea bermain dengan double pivot hampir tiga tahun lalu dengan duet Nemanja Matic-Cesc Fabregas di era pelatih Antonio Conte.

 ?? DAVE THOMPSON/AP PHOTO OLI SCRAFF./AFP DAVE THOMPSON/AP PHOTO OLI SCRAFF./AFP DAVE THOMPSON/AP PHOTO ?? DALAM TEKANAN: Gestur Frank Lampard dalam laga melawan Manchester United di Old Trafford kemarin WIB (12/8). Manchester United
DAVE THOMPSON/AP PHOTO OLI SCRAFF./AFP DAVE THOMPSON/AP PHOTO OLI SCRAFF./AFP DAVE THOMPSON/AP PHOTO DALAM TEKANAN: Gestur Frank Lampard dalam laga melawan Manchester United di Old Trafford kemarin WIB (12/8). Manchester United
 ?? OLI SCARFF/AFP-MAN UTD/TWITTER ?? Aaron Wan-Bissaka Harry Maguire
OLI SCARFF/AFP-MAN UTD/TWITTER Aaron Wan-Bissaka Harry Maguire
 ??  ?? Daniel James
Daniel James

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia