Jawa Pos

Izin Derbi Jatim Terbit, Derbi Mataram Belum

-

DUA pertanding­an yang berpotensi menghadirk­an tensi tinggi, baik di dalam maupun luar lapangan, bakal digelar di Jawa Timur (Jatim) pekan ini. Laga pertama adalah pertemuan Arema FC dengan Persebaya Surabaya. Yang kedua adalah derbi Mataram antara Persis Solo versus PSIM Jogjakarta. Polda Jatim pun memberikan atensi lebih terhadap dua pertanding­an tersebut. Termasuk soal izin pertanding­an.

Mereka tidak mau grusa-grusu untuk mengeluark­an izin. ”Untuk saat ini izin pertanding­an Arema FC dengan Persebaya yang sudah terbit,” terang Kabidhumas Polda Jatim Kombespol Frans Barung Mangera kemarin (12/8).

Pertemuan Arema kontra Persebaya akan digelar di Stadion Kanjuruhan, Malang, 15 Agustus 2019. ”Izin pertanding­an kami rekomendas­i sore hari,” katanya. Jika dihelat sore, pengamanan disebutnya lebih optimal. Segala potensi gangguan bisa diminimalk­an dengan maksimal. Bukan hanya di kawasan stadion, tapi juga di wilayah luar stadion. Bahkan di daerah perbatasan kota.

Laga Arema kontra Persebaya memang selalu menyedot perhatian pendukung kedua kesebelasa­n. Potensi gesekan selalu muncul. Itulah yang berusaha diantisipa­si aparat keamanan. Bukan hanya oleh Polres Malang, tapi juga Polda Jatim.

Karena itu pula, dalam menerbitka­n izin, Polda Jatim tetap memberikan catatan. Salah satunya terkait dengan kesepakata­n lama bahwa saat pertemuan Arema dengan Persebaya di Malang, suporter Persebaya tidak diperboleh­kan bertamu ke kandang Arema. Begitu juga sebaliknya. Polda berharap hal tersebut tetap dipatuhi.

Jika izin laga derbi Jatim antara Arema versus Persebaya sudah terbit, lain halnya dengan izin pertanding­an Persis melawan PSIM. Laga itu memang digelar di wilayah Jatim. Tepatnya di Stadion Wilis, Madiun, pada 16 Agustus 2019 atau sehari setelah pertanding­an Arema versus Persebaya. ”Sampai saat ini pengajuann­ya (izin) belum masuk. Jadi, kami belum bisa mengeluark­an rekomendas­i,” ujar Barung.

Sama seperti duel Arema dengan Persebaya, pertemuan Persis versus PSIM juga selalu panas. Hal tersebut dilatari rivalitas panjang antara Jogja dan Solo. Karena itu, Polda Jatim juga berhatihat­i untuk mengeluark­an rekomendas­i izin. Jika nanti memang izin diterbitka­n, Polda Jatim pun berharap suporter tim tamu tidak memaksakan diri hadir di Madiun.

 ?? HARIYANTO TENG/JAWA POS HARIYANTO TENG/JAWA POS ?? TUGAS BERAT: Bejo Sugiantoro memimpin latihan Persebaya di Lapangan Polda Jatim kemarin. Untuk sementara, dia mengisi posisi yang ditinggalk­an Djadjang Nurdjaman.
HARIYANTO TENG/JAWA POS HARIYANTO TENG/JAWA POS TUGAS BERAT: Bejo Sugiantoro memimpin latihan Persebaya di Lapangan Polda Jatim kemarin. Untuk sementara, dia mengisi posisi yang ditinggalk­an Djadjang Nurdjaman.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia