Jawa Pos

Tak Yakin Perbaikan Lampu Dianggarka­n

-

SURABAYA, Jawa Pos – Stadion Gelora Bung Tomo belum sesuai dengan standar Konfederas­i Sepak Bola Asia (AFC) gara-gara banyak lampu yang mati. Pemkot memastikan bahwa anggaran lampu tersebut masuk dalam perubahan anggaran keuangan (PAK). Namun, ternyata persoalan itu tak disinggung sama sekali dalam finalisasi.

Jawa Pos menanyakan soal itu kepada pimpinan dan anggota banggar. Tak ada seorang pun yang menyatakan bahwa anggaran itu masuk PAK. ’’Enggak masuk. Tapi, detailnya bisa ditanyakan ke Khusnul, komisi D,’’ kata Ketua DPRD Surabaya Armuji.

Khusnul mengatakan hal serupa. Menurut dia, tak ada penambahan anggaran lampu dan perbaikan GBT tersebut. Problem itu juga tak dibahas dalam rapat sebelumnya di komisi D. ’’Tidak ada. Yang tadi dibahas lama itu soal penguranga­n anggaran dinas pendidikan Rp 21 miliar,’’ jelasnya.

Persoalan stadion tersebut sebenarnya dipertanya­kan Fraksi Sekretaris Fraksi PKS

Surabaya

PKS saat paripurna 3 Agustus lalu. Saat itu Wakil Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana hanya menjawab bahwa penggantia­n lampu stadion disesuaika­n dengan standar kualifikas­i dari AFC. Sekretaris Fraksi PKS Surabaya Achmad Zakaria berencana menanyakan­nya di paripurna hari ini. Jika anggaran itu belum masuk, dia akan menagih janji pemkot pada paripurna sebelumnya. ’’Saya bakal interupsi. Tapi, kalau memang sudah, ya syukur lah. Berarti, anggaran itu tak kelupaan,’’ ucap anggota komisi B tersebut.

Kabid Sarpras Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Surabaya Edi Santoso menerangka­n, perbaikan GBT juga masuk dalam APBD perubahan. Anggaran itu akan digunakan untuk renovasi GBT tahap kedua. ’’Nanti desain lampunya mirip Gelora Bung Karno di Jakarta,’’ ungkap Edi.

Revonasi tahap pertama telah dilelang dengan anggaran Rp 9,8 miliar. Sudah ada pemenang lelang untuk pembelian papan skor dan penggantia­n sejumlah lampu yang mati. Nah, pada tahap kedua, pemkot bakal menambah pembelian lampu untuk menyesuaik­an standar AFC.

Meski begitu, Zakaria tetap menanyakan­nya dalam paripurna hari ini. Dia khawatir anggaran itu tak masuk lagi seperti pada 2018. Saat itu tak ada anggaran perbaikan stadion sama sekali.

Saya bakal interupsi. Tapi, kalau memang sudah, ya syukurlah. Berarti, anggaran itu tak kelupaan.”

 ?? DITE SURENDRA/JAWA POS ?? MASIH TERKATUNG-KATUNG: Suasana pertanding­an sepak bola di Gelora Bung Tomo.
DITE SURENDRA/JAWA POS MASIH TERKATUNG-KATUNG: Suasana pertanding­an sepak bola di Gelora Bung Tomo.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia