Jawa Pos

Mulai Pindahkan Pohon Langka

-

SURABAYA, Jawa Pos – Puluhan pohon langka di Jalan Raya Sememi Jaya mulai dipindahka­n sebagai imbas pengerjaan box culvert. Pemindahan­nya pun tidak sembaranga­n. Pohon berjenis pohon kaya, koang, dan glodogan itu harus dikarantin­a dulu di Kebun Bibit Wonorejo.

Petugas dinas kebersihan dan ruang terbuka hijau (DKRTH) mengerahka­n satu kendaraan skywalker kemarin (12/8). Tujuannya tidak sekadar melakukan perantinga­n. Kendaraan itu membantu merapikan bagian pohon agar saat dipindahka­n bisa masuk ke truk.

Kasi Ruang Terbuka Hijau DKRTH Rochim Yuliadi mengatakan ada sekitar 25 pohon langka yang akarnya nanti dicabut. Lalu dibawa ke Kebun Bibit Wonorejo. ’’Semua pohon kami karantina di sana,’’ ujarnya kemarin.

Pemindahan dibantu dinas pekerjaan umum bina marga dan pematusan (DPUBMP). Terutama untuk pengoperas­ian alat berat. Rochim menjelaska­n, area sekitar pohon digali dengan menggunaka­n ekskavator lebih dulu. Tetapi tidak boleh terkena akarnya. Setelah itu, batang pohonnya baru diangkat dengan menggunaka­n alat berat.

Setelah berhasil diangkat, bagian akarnya ditutup menggunaka­n karung. Tanah sekitar pohon juga harus dimasukkan ke karung. Agar pohon bisa dibawa dengan kendaraan, tim Kadaka lebih dulu melakukan perantinga­n. Kemudian, pohon tersebut dikarantin­a seminggu di Kebun Bibit Wonorejo.

Dia menuturkan, pemindahan dilakukan secara bertahap. Sebab, prosesnya butuh waktu lama. Ditambah, saat memindahka­n pohon butuh satu truk untuk membawanya ke Kebun Bibit Wonorejo. ’’Hari ini (kemarin, Red) ada empat pohon yang sudah dipindah,’’ jelasnya.

 ??  ?? TERSENDAT: Pembanguna­n proyek JLLB yang hanya berlangsun­g di selatan rel kereta api Sememi.
TERSENDAT: Pembanguna­n proyek JLLB yang hanya berlangsun­g di selatan rel kereta api Sememi.
 ?? GUSLAN GUMILANG /JAWA POS ?? TETAP HIDUP: Salah satu pohon yang akan dipindahka­n dan dikarantin­a di Kebun Bibit Wonorejo.
GUSLAN GUMILANG /JAWA POS TETAP HIDUP: Salah satu pohon yang akan dipindahka­n dan dikarantin­a di Kebun Bibit Wonorejo.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia