Jawa Pos

Ringkus Terduga Pelaku Penggelapa­n Mobil Rental

-

SURABAYA, Jawa Pos – Puluhan anggota Polsek Rungkut mencegat mobil Honda BRV bernopol L 1988 QE di kawasan Rungkut Madya kemarin (12/8). Diduga, mobil rental itu sempat dibawa kabur Hasril Yusuf, warga Kedungdoro. Polisi masih mendalami kasus yang ramai di media sosial (medsos) itu.

Awalnya, informasi tersebut datang dari pemilik mobil, Rendi Dior, warga Kapasari Pedukuhan. Rendi mengunggah pernyataan ke media sosial bahwa dirinya hilang kontak dengan Hasril. Padahal, kontrak sewa habis sejak Senin (8/7).

’’Kawan-kawan dari netizen ikut memantau juga. Alhamdulil­lah terpantau,’’ kata Rendi saat ditemui di Mapolsek Rungkut kemarin. Seorang warga, Dendi, melihat mobil itu melintas di kawasan Rungkut Madya. Dia pun membuntuti­nya.

Polisi lantas berkoordin­asi dengannya. Hampir seluruh satuan unit Polsek Rungkut diterjunka­n. Sebagian meluncur di dekat perempatan Rungkut Madya arah Jalan Ir Soekarno. Yang lain bergerak ke Jalan Ir Soekarno.

Kapolsek Rungkut Kompol I Gede Suartika mengatakan, anggotanya menghentik­an mobil putih itu di kawasan Rungkut Madya. Tidak ada perlawanan dari Hasril. Dia langsung dibawa ke Mapolsek Rungkut untuk diperiksa.

’’Sebetulnya dokumen lengkap. Ada KTP, KK, dan lain sebagainya. Kontraknya juga ada,’’ kata Gede. ’’Masalahnya, jangka waktu sewa antara pemilik dan penyewa sudah habis. Hasril tidak kunjung mengembali­kan mobilnya,’’ tambahnya.

Rendi menuturkan, penyewa sepakat memperpanj­ang kontrak per 5 Agustus. Tetapi sebatas lisan. Dia percaya saja dengan terduga pelaku. Sebab, awal pembayaran pun normal-normal saja. Bahkan, sejak menyewa mobil secara harian dari April lalu tidak ada kejanggala­n.

Perlahan, Hasril mulai mbulet saat ditagih perpanjang­an masa sewa. Rendi hilang kontak sejak Agustus. Hasril selalu berganti nomor baru. ’’Saya tunggu sampai kemarin tetap gak balik. Ini sudah nggak beres,’’ katanya.

Gede yang didampingi Kanitreskr­im Polsek Rungkut Ipda Djoko Soesanto mengatakan, bukan hanya Hasril yang berurusan dengan Rendi. Ada salah satu pengusaha rental asal Sidoarjo yang mengaku bermasalah dengan Hasril. Mobil Honda Mobilio miliknya juga belum dikembalik­an.

Masalah yang melibatkan Hasril merembet ke pelaku bisnis lainnya. Salah satunya beberapa perusahaan elektronik­a. Kemarin perwakilan dari pelapor tersebut mendatangi Polsek Rungkut. Taksiran kerugianny­a mencapai ratusan juta rupiah.

Laporan masalah bisnis lainnya

Dari PT My Sejati (Philips). Total piutang dari Hasril sekitar Rp 87 juta. PT Tri Harmonis Niagantara (Hannochs). Total piutang sekitar

Rp 155 juta.

Tindakan polisi

Kemarin sore Polsek Rungkut membawa pelaku ke Polsek Sedati, Sidoarjo, terkait kasus penggelapa­n mobil di Sedati. Polisi mempersila­kan warga yang juga berurusan dengan tersangka agar melapor.

 ?? AUFAR DHANY/JAWA POS ?? BERMASALAH: Kanitreskr­im Polsek Rungkut Ipda Djoko Soesanto (kanan) bersama Hasril Yusuf di Mapolsek Rungkut kemarin.
AUFAR DHANY/JAWA POS BERMASALAH: Kanitreskr­im Polsek Rungkut Ipda Djoko Soesanto (kanan) bersama Hasril Yusuf di Mapolsek Rungkut kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia