Jawa Pos

Panitia Cilik Mandiri Bagikan Daging Kurban

-

SURABAYA, Jawa Pos – Adya Mahardika bersama teman-temannya begitu semangat menimbang daging sapi kurban di halaman Sekolah Islam Al Azhar, Pakuwon City, kemarin (12/8). Mereka memasukkan potongan dagingdagi­ng tersebut ke kantong sebelum dibagikan ke jalanan. ”Yang sudah selesai langsung dibungkus,” kata salah seorang guru TK Sekolah Islam Al Azhar 15 Surabaya.

Para panitia cilik kurban pun langsung mendistrib­usikan dagingdagi­ng sapi yang sudah dibungkus ke jalan. Mereka menyebar ke sejumlah kampung di sekitar Sekolah Islam Al Azhar, Pakuwon. Di antaranya, ke Kelurahan Gebang Putih, Kecamatan Sukolilo. ”Saya tadi bagi-bagikan daging ke tukang becak, tukang sapu, dan pengamen,” ucap Adya penuh semangat.

Adya mengatakan sangat senang bisa ikut berkurban. Apalagi menjadi panitia cilik kurban. Melihat pemotongan hewan kurban dan terjun langsung menimbang juga membungkus­i daging. ”Senang sekali bisa membantu orang-orang kurang mampu. Kasihan,” ujarnya.

Begitu juga dengan Salsabila Dewi Shinta. Dia mengaku senang ketika bisa membantu orang-orang kurang mampu dengan memberikan daging kurban. ”Tadi saat saya memberikan daging ke orang-orang di jalan, mereka senang sekali,” ungkapnya.

Kepala TK Sekolah Islam Al Azhar 15 Surabaya Cut Mutia menuturkan, seluruh siswa TK dilibatkan menjadi panitia cilik untuk pendistrib­usian daging kurban. Selain itu, ada ratusan siswa SD dan SMP Sekolah Islam Al Azhar. ”Kami ingin mengenalka­n anak-anak sejak dini makna berkurban dengan baik,” katanya.

Mutia menuturkan, dua minggu sebelum Hari Raya Kurban, seluruh anak-anak diajak untuk menabung untuk membeli sapi. Bukan hanya itu, anak-anak TK juga diajak langsung terjun untuk menjadi panitia cilik. Mereka menimbang, membungkus, dan mendistrib­usikan daging kurban kepada warga yang kurang mampu.

 ?? SEPTINDA AYU PRAMITASAR­I/JAWA POS ?? PRAKTIK LANGSUNG: Murid TK Al Azhar 15 Surabaya menimbang dan membungkus daging kurban sebelum didistribu­sikan kemarin.
SEPTINDA AYU PRAMITASAR­I/JAWA POS PRAKTIK LANGSUNG: Murid TK Al Azhar 15 Surabaya menimbang dan membungkus daging kurban sebelum didistribu­sikan kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia