Jawa Pos

Gedung Parkir Baru Masuk Lelang

-

SURABAYA, Jawa Pos – Persoalan parkir menjadi perhatian utama terkait penataan Kawasan Wisata Religi Sunan Ampel. Rencananya, titik-titik parkir di kompleks wisata akan ditertibka­n. Termasuk mobil milik masyarakat yang biasanya berjejer lama di Jalan Nyamplunga­n.

Lurah Ampel M. Imzak menjelaska­n bahwa saat ini memang banyak warga di wilayahnya yang parkir mobil di tepi jalan. Sebab, mereka kesulitan untuk menaruh mobilnya. Warga tinggal di gang sempit dan tak memiliki garasi.

Menurut Imzak, kendaraan warga yang biasanya parkir di Jalan Nyamplunga­n sudah didata. Jumlahnya 97 unit. ”Durasi parkirnya berbedabed­a. Bahkan, ada yang berminggu-minggu diparkir dan tidak terpakai,” katanya.

Lantas, apa solusinya untuk masalah itu? Imzak menjelaska­n bahwa nanti warga tidak diperboleh­kan lagi parkir di tepi jalan. Seluruh kendaraan warga diarahkan masuk ke gedung parkir di Jalan Pegirian. Lokasi tepatnya di kawasan Terminal Wisata Religi Ampel.

Saat ini prose s pembanguna­n gedung telah masuk lelang. Biaya DED (detail engineerin­g design) mencapai Rp 257,1 juta. Pemerintah menargetka­n tempat parkir anyar segera dibangun.

Imzak menegaskan bahwa penataan parkir di Jalan Nyamplunga­n sangat penting. Itu tidak hanya berkaitan dengan kenyamanan peziarah. Keberadaan parkir ngawur sering kali menimbulka­n kemacetan. Misalnya yang tampak kemarin (12/8). Banyak mobil dan kendaraan lain di Nyamplunga­n yang tidak ditata secara benar. Memakan sebagian jalan sehingga arus lalu lintas jadi tersendat.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia