Jawa Pos

Bijak Memilih Makanan

Pesan di Balik Lukisan Sherly Gunawan

-

SURABAYA, Jawa Pos – Ada gambar burger, kentang goreng, lengkap dengan minuman bersoda. Merasa familier dengan menu tersebut? Yang membedakan, Sherly Gunawan menambahka­n tiga kucing yang sedang bermalas-malasan di sekitar makanan itu. Seniman dari komunitas Surabaya Art Society tersebut memberikan judul Fast Food dan

Comfort untuk lukisan itu.

Dia ingin menyisipka­n pesan di balik karyanya. ”Kita mungkin pernah lebih memilih fast food yang cepat padahal tahu kalau sebenarnya juga nggak bagus buat kesehatan. Tapi, ya sudah comfort. Pokoke enak, praktis,” jelas Sherly.

Karena telanjur nyaman, cenderung malas untuk menyiapkan menu yang lebih sehat. Sherly mengibarat­kannya seperti kucing yang juga hobi bermalas-malasan. ”Yang kalau sudah nyaman dengan sesuatu, hewan tersebut akan memilih sesuatu yang sama atau tempat yang sama,” lanjut dia.

Tepat di bawah lukisan itu, dia menampilka­n karya berjudul Slow

Food. Sherly menggambar­kan madu dan lemon. Slow food diartikan mempunyai proses yang panjang dalam pembuatann­ya. ”Untuk bisa mendapatka­n madu, tentu panjang kan prosesnya? Begitu juga lemon. Sebelum pohon itu berbuah, tentu harus dirawat dengan benar dulu. Nggak bisa yang ditanam hari ini, hasilnya dipetik hari ini juga,” jelasnya.

Untuk lukisan itu, dia menambahka­n lebah yang sedang terbang di sekitar madu dan lemon. Lebah menjadi simbol pekerja keras yang berusaha menghasilk­an sesuatu. Sherly menambahka­n judul Real

Food pada lukisan itu. Yaitu, makanan yang dapat dimakan secara langsung dan diperoleh dengan proses yang cukup lama.

Sherly mengungkap­kan, tema makanan tersebut dia tampilkan berdasar pengamatan­nya. Dia melihat, banyak kalangan masyarakat modern yang tidak bisa terlepas dari lifestyle yang tidak sehat. Lewat karya tersebut, dia ingin mengingatk­an orang untuk selalu bijak dalam memilih makanan.

Untuk karya-karyanya kali ini, Sherly menggunaka­n watercolor dengan sentuhan drawing pen. Lukisan-lukisan yang berukuran 26 x 36 sentimeter itu dipamerkan di Favehotel Mex Surabaya hingga 26 Agustus mendatang.

 ?? MARIYAMA DINA/JAWA POS ?? MAKNA MENDALAM: Sherly Gunawan dengan lukisan yang bertema makanan. Karyanya dipamerkan hingga 26 Agustus.
MARIYAMA DINA/JAWA POS MAKNA MENDALAM: Sherly Gunawan dengan lukisan yang bertema makanan. Karyanya dipamerkan hingga 26 Agustus.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia