Jawa Pos

Demokrat Siapkan Pengganti Soekarwo

-

SURABAYA, Jawa Pos – Mantan Gubernur Jatim Soekarwo akhirnya mengundurk­an diri dari jabatan ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur. Pengundura­n diri itu terkait dengan jabatan barunya sebagai komisaris utama (Komut) PT Semen Indonesia. Sangat mungkin DPP menunjuk pelaksana tugas untuk menggantik­an Soekarwo.

Sekretaris DPD Partai Demokrat Jatim Renville Antonio mengungkap­kan, surat pengundura­n diri Soekarwo sudah dikirim ke DPP. ’’Saat ini kami menunggu proses selanjutny­a dari DPP,’’ kata Renville saat dikonfirma­si kemarin.

Masa jabatan Soekarwo sebenarnya tersisa dua tahun lagi. Pemilihan ketua DPD yang baru lewat musyawarah daerah dijadwalka­n berlangsun­g pada 2021. Pernah muncul kabar bahwa pria yang akrab dengan panggilan Pakde itu masuk jajaran kabinet pemerintah­an Jokowi-Ma’ruf. Namun, kabar itu terbantahk­an saat Jokowi menyebutka­n bahwa tidak ada jatah menteri untuk parpol di luar koalisi pendukungn­ya.

Soekarwo juga sempat dikait-kaitkan dengan Partai Nasdem. Sebab, saat isu hengkang dari Demokrat mulai berembus, Soekarwo bertemu dengan Surya Paloh pada 6 Agustus di kantor DPP Partai Nasdem. Namun, Renville menegaskan bahwa alasan mundur Pakde Karwo murni karena statusnya sebagai komisaris utama. Tidak ada alasan lain yang mendorong mantan orang pertama di Jawa Timur itu mundur.

Ketua DPP Demokrat Jansen Sitindaon mengungkap­kan, surat pengundura­n diri Soekarwo telah berada di DPP Demokrat. Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) disebutseb­ut telah menyetujui keputusan Pakde Karwo itu.

DPP Demokrat, tambah dia, dalam waktu dekat segera mengambil keputusan untuk mengisi kekosongan tersebut. Yaitu, menyiapkan pelaksana tugas (Plt) dari unsur DPP. Jabatan Plt itu berlaku sambil menunggu musyawarah daerah (musda) untuk menetapkan ketua DPD definitif. ’’Sesuai AD/ART partai, Plt berasal dari DPP,’’ paparnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia