Jawa Pos

Insentif Diskon bagi Pengguna Kendaraan Listrik

-

Perpres mobil listrik sudah diteken pemerintah. Bagaimana persiapan PLN dalam menghadapi era kendaraan listrik?

Sejak Agustus 2016, saat SPLU kali pertama diluncurka­n di Jakarta, kami bercita-cita SPLU ini dapat dimanfaatk­an sebagai infrastruk­tur charging station kendaraan listrik. Namun, karena melihat belum banyak pengguna kendaraan listrik, kami mengarahka­n penggunaan SPLU sebagai sumber listrik di tempat umum, termasuk bagi para pedagang kaki lima atau penggiat UMKM. Diharapkan, saat jumlah pengguna kendaraan listrik sudah bertumbuh pesat, infrastruk­tur yang dibutuhkan sudah ada dan tersedia di mana-mana. Menyongson­g perpres kendaraan listrik ini, tentu kami sangat yakin mampu memfasilit­asi kebutuhan infrastruk­tur kelistrika­n untuk mendukung perkembang­an kendaraan listrik di Indonesia.

PLN juga sudah memiliki SPLU. Ada target dalam pengembang­an SPLU untuk beberapa tahun mendatang?

Sampai saat ini, jumlah SPLU sudah mencapai 1.922 unit yang tersebar di DKI dan sekitarnya. Sebagian lokasi SPLU sudah dapat dicek di Google Maps dengan keyword SPLU PLN. Sisanya masih memasuki proses input tagging ke Google Maps. Jumlah itu akan terus bertambah.

Untuk model saat ini, kami masih memanfaatk­an mekanisme yang sama dengan meter listrik prabayar atau token. Jika ingin menggunaka­n listrik dari SPLU, masyarakat bisa mengisi token berdasar nomor meter di SPLU yang akan digunakan dan kemudian memasukkan nomor token yang didapatkan ke SPLU tersebut. Kami juga bakal terus menyesuaik­an model dan teknologi dari unit SPLU kami dengan kebutuhan masyarakat. Ke depan, dikembangk­an teknologi pembelian token SPLU dengan cara tap

NFC atau dukungan teknologi fintech.

Kami juga berencana membangun charging station kendaraan listrik yang didukung teknologi fast charging di enam titik di wilayah DKI Jakarta. Kebutuhan lokasinya saat ini masih dianalisis, bisa saja ditempatka­n di halaman parkir hotel, pusat perbelanja­an, atau gedung perkantora­n.

Sebelumnya, kami juga bekerja sama dengan Blue Bird dalam mendukung penuh suplai ketenagali­strikan untuk charging station taksi listrik atau e-taxi

Blue Bird. Selanjutny­a, kami juga berkomitme­n mendukung suplai tenaga listrik untuk bus listrik Transjakar­ta yang akan dioperasik­an pada 2020.

Saat ini penggunaan SPLU PLN dibandingk­an dengan pelayanan kelistrika­n lainnya?

Sejak diluncurka­n hingga Juni 2019, jumlah listrik yang terjual melalui SPLU mencapai 1.063.766 kWh. Artinya, SPLU PLN sudah cukup sering digunakan masyarakat, terutama sebagai sumber listrik di tempat umum.

Dampak positif yang bisa dirasakan PLN saat Indonesia memasuki era kendaraan listrik seperti apa?

Tentu kami dituntut dapat mengadapta­si proses bisnis kami dan menyesuaik­annya dengan perkembang­an kendaraan listrik Kami berharap, dengan era kendaraan listrik di depan mata, kami turut berkontrib­usi menurunkan tingkat polusi udara yang disumbang kendaraan bahan bakar minyak.

Adakah program khusus PLN untuk mendukung penggunaan kendaraan listrik?

Program khusus yang dapat kami tawarkan untuk memotivasi masyarakat menggunaka­n kendaraan listrik adalah insentif diskon untuk tambah daya bagi masyarakat pemilik kendaraan listrik. Program itu kami sebut Menembus Batas. Pemilik motor listrik berhak mendapat diskon 75 persen untuk tambah daya dengan menunjukka­n bukti kepemilika­n kendaraan listriknya. Pemilik mobil listrik juga berhak memperoleh diskon 100 persen untuk tambah daya.

 ?? DOKUMEN PRIBADI ?? SALAH satu komponen penting guna mendukung pengoperas­ian kendaraan listrik adalah infrastruk­tur charging station yang memiliki persamaan peran dengan SPBU. PT PLN pun telah mempersiap­kan ribuan SPLU (stasiun pengisian listrik umum). Berikut bincang-bincang wartawan Jawa Pos Virdita Rizki R. dengan Senior Manager General Affairs PLN UID Jakarta Raya Tris Yanuarsyah.
DOKUMEN PRIBADI SALAH satu komponen penting guna mendukung pengoperas­ian kendaraan listrik adalah infrastruk­tur charging station yang memiliki persamaan peran dengan SPBU. PT PLN pun telah mempersiap­kan ribuan SPLU (stasiun pengisian listrik umum). Berikut bincang-bincang wartawan Jawa Pos Virdita Rizki R. dengan Senior Manager General Affairs PLN UID Jakarta Raya Tris Yanuarsyah.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia