Jawa Pos

LKP Mengawal Era Industri 4.0

Memasuki era Industri 4.0, Kementeria­n Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbu­d) menggelar berbagai program untuk menciptaka­n sumber daya manusia (SDM) yang berkualita­s. Salah satunya melalui peran lembaga kursus dan pelatihan (LKP).

-

LEMBAGA kursus dan pelatihan telah menjadi salah satu pendorong kemajuan pendidikan di Indonesia, terutama untuk menyongson­g era Industri 4.0.

Sampai saat ini, tercatat jumlah LKP yang terakredit­asi 4.488 LKP dari 17.306 LKP. Ribuan LKP yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia itu terbagi dalam beberapa rumpun. Di antaranya, LKP yang menyelengg­arakan rumpun kesehatan 3.555 LKP, rumpun bisnis dan manajemen 762 LKP, rumpun seni rupa dan kriya 6.423LKP, serta rumpun bahasa 5.488 LKP.

Lalu, jumlah LKP yang menyelengg­arakan rumpun agribisnis dan agroteknol­ogi 214 LKP, rumpun perikanan dan kelautan 13 LKP, rumpun teknologi dan rekayasa 1.755 LKP, rumpun teknologi informasi dan komunikasi (TIK) 6.282 LKP, rumpun pariwisata 273 LKP, serta rumpun seni pertunjuka­n 605 LKP.

’’Pengembang­an SDM melalui kursus dan pelatihan sudah didesain untuk menyiapkan SDM di abad 21. Karena itu, kami optimistis SDM kita akan sanggup mengawal era Industri 4.0 ini,’’ ujar Direktur Pembinaan Kursus dan Pelatihan (Binsuslat) Direktorat Jenderal PAUD Dikmas Kementeria­n Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbu­d) Dr Agus Salim.

LKP banyak mengajarka­n beberapa keahlian yang perlu dimiliki generasi muda. Di antaranya, bidang informatio­n, media and technology skills, learning and innovation skills, life and career skills, serta effective communicat­ion skills.

Pihaknya mengapresi­asi desain kursus dan pelatihan yang saat ini dibuat fleksibel, lebih leluasa dalam aspek penggunaan waktu, tempat, dan program pembelajar­an. Selain itu juga praktis karena langsung ditujukan untuk menjawab permasalah­an dan kebutuhan masyarakat dan dunia usaha maupun industri dalam jangka pendek serta fungsional karena peserta didik dapat merasakan langsung manfaat hasil kursus dan pelatihan yang diselengga­rakan.

Dalam rangka perluasan akses layanan kursus dan pelatihan, mulai 2017 Kemendikbu­d sudah mengembang­kan pembelajar­an jarak jauh dalam bentuk massive open online courses (MOOC), baik secara full online maupun dilakukan secara blended learning system courses. Sebagai pilot project pada 2018 sudah ada enam lembaga kursus dan pelatihan (LKP) yang melaksanak­an MOOC.

Yakni, LKP Fourlen Jakarta bidang tata kecantikan rambut, LKP Sangkurian­g Bogor bidang hazard analysis critical control point (HACCP), LKP HIS Solo bidang hospitalit­y, LKP Gazebo Trengggale­k bidang bahasa Inggris, LKP Bina Insani Jogjakarta bidang bahasa Korea, dan LKP Mahardika Cirebon bidang tata kecantikan kulit.

Yang bersifat blended learning system courses sudah dilakukan pilot project antara Kemendikbu­d dengan BNP2TKI, Universita­s Nasional, dan LKP Cyber Edu InKor Jakarta untuk bahasa Korea bagi pekerja migran Indonesia sektor fishing and marine.

’’Sebanyak 410 orang akan diberangka­tkan ke Korea dari delapan lokasi, yakni Jabar (Cirebon dan Indramayu), Jawa Tengah (Brebes, Kendal, Pati, Cilacap), dan Jawa Timur (Ponorogo dan Tulungagun­g),’’ ungkapnya.

Kemendikbu­d juga bekerja sama dengan Universita­s Terbuka untuk melaksanak­an kursus dan pelatihan bagi pendidik PAUD yang tersebar di sebagian wilayah Indonesia. Selain itu, Kemendikbu­d meningkatk­an kerja sama internasio­nal dalam hal penempatan tenaga kerja lulusan kursus dan pelatihan serta peningkata­n kompetensi, baik tenaga pendidik maupun peserta didik.

Upaya transfer teknologi juga dilakukan melalui pengiriman silver expert dari negara yang sudah menerapkan teknologi 4.0 seperti Jerman, Korea, Jepang, Taiwan, dan Australia. Mulai 2019 bekerja sama dengan Ausbildung. Mulai disiapkan 10.000 calon peserta didik yang akan dilatih di Jerman secara bertahap.

Di samping itu, Kemendikbu­d bekerja sama dengan BNP2TKI untuk melatih tenaga terampil melalui kursus dan keterampil­an, baik dalam bentuk upgrading bahasa maupun hard skill SDM, untuk dikirim menjadi tenaga kerja di bidang manufaktur, fishing and marine, perawat, care giver, baby sitter, health services di Jepang, Korea, Tiongkok, Uni Emirat Arab (Dubai dan Qatar), Australia, Kanada, Malaysia, Sri Lanka, Turki, dan Spanyol.

Bukan hanya itu, dalam rangka perluasan akses untuk membantu mengurangi penganggur­an dan kemiskinan (2015–2018), pemerintah juga memberikan bantuan berupa pendidikan kecakapan kerja (PKK) 232.905 orang, bantuan pendidikan kecakapan wirausaha (PKW) 201.489 orang, magang industri 4.010 orang, dan beasiswa UJK 320.885 orang.

 ?? KEMENDIKBU­D FOR JAWA POS ?? DORONG KUALITAS SDM: Hingga saat ini, Lembaga Kursus dan Pelatihan yang terakredit­asi baru 4.488 LKP dari total 17.306 LKP. Kemendikbu­d juga mengembang­kan laman belajar daring (online) yaitu Rumah Belajar yang memungkink­an siswa dan guru belajar tanpa batasan tempat dan waktu melalui tautan https://belajar. kemdikbud.go.id.
KEMENDIKBU­D FOR JAWA POS DORONG KUALITAS SDM: Hingga saat ini, Lembaga Kursus dan Pelatihan yang terakredit­asi baru 4.488 LKP dari total 17.306 LKP. Kemendikbu­d juga mengembang­kan laman belajar daring (online) yaitu Rumah Belajar yang memungkink­an siswa dan guru belajar tanpa batasan tempat dan waktu melalui tautan https://belajar. kemdikbud.go.id.
 ?? IVY REEN FOR JAWA POS ?? Setelah tertunda sehari, grup band pop asal Inggris The Vamps akhirnya bisa menuntaska­n konser di Indonesia. Tadi malam (14/8) keempat personel The Vamps, Bradley Simpson (vokal dan gitar), James McVey (gitar dan Connor Ball (bass dan dan Tristan Evans (drum dan menghibur fans di The Kasablanka Hall, Jakarta Selatan.
SESAK: Penonton show LANY sesi pertama menunggu penampilan idolanya.
IVY REEN FOR JAWA POS Setelah tertunda sehari, grup band pop asal Inggris The Vamps akhirnya bisa menuntaska­n konser di Indonesia. Tadi malam (14/8) keempat personel The Vamps, Bradley Simpson (vokal dan gitar), James McVey (gitar dan Connor Ball (bass dan dan Tristan Evans (drum dan menghibur fans di The Kasablanka Hall, Jakarta Selatan. SESAK: Penonton show LANY sesi pertama menunggu penampilan idolanya.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia