Jawa Pos

Berniat Sewa Pesawat di Filipina

-

JAKARTA, Jawa Pos – SEA Games 2019 bergulir tiga bulan lagi. Selain menggeber latihan untuk mengejar medali, Komite Olimpiade Indonesia (KOI) juga memikirkan akomodasi atlet. Dari beberapa hal yang harus disiapkan, transporta­si menjadi salah satu fokus utama KOI dalam event yang diselengga­rakan pada 30 November–11 Desember 2019 tersebut.

Filipina, host pesta olahraga se-Asia Tenggara itu, merupakan negara kepulauan. Venue SEA Games nanti tidak terpusat di satu atau dua kota saja. Melainkan tersebar di empat cluster! Yakni, Clark, Subic, Metro Manila, dan BLT (Batangas, La Union, dan Tagaytay). Tiap cluster masih terdiri atas beberapa wilayah lagi.

Masalahnya, jarak antar-cluster tersebut jauh. Akses kendaraann­ya pun terbatas. Dari Manila menuju ke Clark, misalnya, harus menempuh perjalanan darat selama sekitar empat sampai lima jam. Itu pun jika menggunaka­n pengawalan khusus. Kalau macet, beda lagi. Untuk mengatasin­ya, KOI berencana menyewa pesawat.

Plt Sekjen KOI Hellen Sarita Delima menyatakan, pesawat digunakan untuk transporta­si atlet. ’’Akses penerbanga­n dari Jakarta hanya ke Manila. Nah, atlet cabor yang venue-nya di luar Manila bisa kesusahan,’’ jelas Hellen saat ditemui di kantor KOI kemarin. ’’Kita harus memikirkan betul kondisi atlet. Jangan sampai jauh-jauh jadi capek,’’ lanjutnya.

Hellen mengakui, jika harus menyewa (charter) pesawat, tentu akan ada pembengkak­an biaya. Menurut dia, anggaran kontingen sekitar Rp 45 miliar. Pihaknya masih menghitung apakah dananya cukup. ’’Kalau charter pesawat kemahalan, apa bisa menggunaka­n jalur lain, misalnya. Kalau dari Manila ke Subic atau Clark butuh cost juga,’’ paparnya.

Karena itu, KOI akan memberangk­atkan tim advance ke Filipina. Mereka akan meninjau segala aspek. Termasuk transporta­si, akomodasi, sampai kesiapan venue secara keseluruha­n.

’’Dalam waktu dekat. Sementara masih mengatur. Semua ada keterkaita­nnya. Lihat cabor mana yang akan dikirim ke sana,’’ paparnya. ’’Masih kami pelajari juga transporta­sinya, terkait jarak penerbanga­n dengan tipe pesawat seperti apa,’’ imbuh Hellen.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia