Jawa Pos

Ubah Kantor YKP Jadi Tempat Parkir

-

SURABAYA, Jawa Pos – Asetaset Yayasan Kas Pembanguna­n (YKP) akan dimanfaatk­an untuk kepentinga­n publik yang lebih luas. Salah satunya adalah aset berupa kantor YKP di Jalan Jimerto atau satu kompleks dengan kantor Pemkot Surabaya. Kantor itu bakal dijadikan sebagai lahan parkir.

Parkir memang menjadi persoalan tersendiri di lingkungan Pemkot Surabaya. Jalan Jimerto di sisi kiri dan kanan dijadikan lokasi parkir mobil dan motor saban hari. Kondisinya nyaris selalu penuh. Ketika ada acara, hampir dipastikan area parkir di sekitar jalan tersebut selalu penuh. Pemkot pun berencana menjadikan kantor YKP tersebut sebagai lahan parkir. Sudah ada pembicaraa­n dengan pengurus YKP yang saat ini juga dijabat orang-orang pemkot.

Ketua Pengurus YKP M.T. Ekawati Rahayu menyatakan, bangunan kantor itu akan dibongkar. Sesuai dengan arahan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharin­i, kantor YKP memang bakal dipakai untuk lahan parkir. ’’Segera dialihfung­sikan,’’ kata Yayuk, sapaan akrab M.T. Ekawati Rahayu.

Kepala Dishub Surabaya Irvan Wahyudraja­d menjelaska­n, langkah awal dimulai dengan penyusunan detail engineerin­g design (DED). ’’Penyusunan DED sudah masuk lelang,’’ ujar Irvan.

Dia menambahka­n, proyek fisik mungkin dianggarka­n pada tahun berikutnya atau 2020. Sebab, saat perubahan anggaran keuangan (PAK), proyek itu belum masuk dalam mata anggaran yang diajukan ke DPRD. ’’DED itu nanti jadi dasar penganggar­an untuk rencana tahun depan,’’ jelas Irvan.

Dari DED tersebut akan dihitung pula potensi parkir di lingkungan Pemkot Surabaya. Termasuk diperhitun­gkan berapa lantai gedung parkir tersebut. Yang jelas, selama ini jalan di sekitar pemkot berubah menjadi lahan parkir. Kecuali pada Jumat terakhir setiap bulan karena ada car free day (CFD).

 ?? PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS ?? ALIH FUNGSI: Untuk memaksimal­kan pelayanan, aset kantor YKP di Jalan Jimerto diubah menjadi tempat parkir.
PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS ALIH FUNGSI: Untuk memaksimal­kan pelayanan, aset kantor YKP di Jalan Jimerto diubah menjadi tempat parkir.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia