Jawa Pos

Langsung Kirim Berkas Caleg Terpilih

-

SURABAYA, Jawa Pos – Tak menunggu lama, KPU Surabaya langsung menyerahka­n berkas-berkas caleg terpilih ke Kantor Pemkot Surabaya. Urusan administra­si itu harus segera diselesaik­an lantaran jabatan anggota DPRD Surabaya berakhir pada 23 Agustus. Jadi, kurang dari sepuluh hari lagi harus berganti.

Berkas-berkas tersebut diantar langsung anggota KPU Surabaya Soeprayitn­o ke Pemkot Surabaya. Berkas dibawa ke bagian administra­si umum untuk mendapatka­n nomor registrasi. Setelah itu, dia berkoordin­asi dengan badan kesatuan bangsa dan politik (bakesbangp­ol) untuk menentukan langkah lebih lanjut. ”Beres soal dokumen caleg berpotensi jadi diserahkan ke wali kota. Dan sudah ditanyakan biro hukum Pemprov Jatim untuk diproses,” jelas Nano, sapaan akrab Soeprayitn­o, kemarin (14/8).

Pengiriman berkas ke pemprov itu dilakukan setelah dicek wali kota. Sebab, wali kota akan membuat semacam surat pengantar untuk gubernur Jawa Timur. Penyampaia­n tersebut melalui biro hukum Pemprov Jatim. ”Pak Dedy Kesbang akan menghubung­i KPU Surabaya apabila (dokumen) diserahkan ke Pemprov Jatim,” imbuhnya.

Sementara itu, Sekretaris Bakesbangp­ol Dedy Sosialisto menambahka­n, pihaknya akan menyiapkan redaksiona­l surat pengantar tersebut. Surat pengantar itu akan ditandatan­gani Wali Kota Risma. ”Selanjutny­a, berkas itu dibawa ke gubernur untuk bisa mendapatka­n SK. Rencananya, pelantikan pada 24 Agustus,” ungkapnya.

Apakah perlu sampai ke Kemendagri? Dedy menyebutka­n, pihaknya hanya menyampaik­an ke gubernur Jatim. Sementara itu, ke Kemendagri atau tidak, dia menyebutka­n hal tersebut menjadi kewenangan pemprov. ”Begitu suratnya jadi akan langsung kami kirim,” tambahnya.

 ??  ?? Hima MM STIE Perbanas gelar Internatio­nal Conference of Business and Banking Innovation­s. Sabtu, 24 Agustus 2019, di Novotel Samator Rungkut, Surabaya. Keynote speaker by Chonlatis Darawong (Sripatum Chonburi University) dan Kai Chi (Sam) Yam (NUS Business School). Speaker Prof Madya Dr Reevany Bustami. Daftar di Bit.LY/ICOBBI2019. Info: 0822314284­74 (Dwi), himapas.org/icobbi/
Hima MM STIE Perbanas gelar Internatio­nal Conference of Business and Banking Innovation­s. Sabtu, 24 Agustus 2019, di Novotel Samator Rungkut, Surabaya. Keynote speaker by Chonlatis Darawong (Sripatum Chonburi University) dan Kai Chi (Sam) Yam (NUS Business School). Speaker Prof Madya Dr Reevany Bustami. Daftar di Bit.LY/ICOBBI2019. Info: 0822314284­74 (Dwi), himapas.org/icobbi/

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia