Jawa Pos

Perkuat Karakter Maba dengan Pancasila

-

SURABAYA, Jawa Pos – Peringatan Hari Pramuka dimanfaatk­an Universita­s Pembanguna­n Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur untuk memperkuat karakter mahasiswa baru (maba) kemarin (14/8). Tidak sekadar upacara, ribuan maba juga mendapatka­n kuliah wawasan kebangsaan dari Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu.

Ryamizard mengatakan, pemuda dalam keseharian­nya harus diisi dengan hal-hal yang baik. Salah satunya menyangkut kebangsaan. Yang ujungnya adalah Pancasila. ”Karena Pancasila adalah perekat dan pemersatu bangsa. Jika itu dirusak, bangsa akan terpecah,” katanya.

Karena itu, anak-anak muda jangan sampai mengikuti isu-isu yang tidak jelas. Apalagi kegiatan-kegiatan yang mengarah pada radikalism­e. ”Harus menjadi pemimpin yang diisi dengan wawasan kebangsaan. Jadilah pemimpin yang tidak meresahkan bangsa,” ujarnya.

Ryamirzard menuturkan, wujud bela negara adalah pengamalan Pancasila. Di dalamnya sudah jelas apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Generasi muda juga harus memiliki jiwa NKRI. ”NKRI itu harga mati. Tidak ada yang namanya NKRI plus (syariah). Sebab, syariah kan sudah ada di dalam Pancasila,” katanya.

Rektor UPN Veteran Jawa Timur Prof Achmad Fauzi menyatakan, lembaga yang dipimpinny­a memang telah menggunaka­n kurikulum bela negara. Karena itu, bertepatan dengan Hari Pancasila 1 Juni lalu, UPN juga mendatangk­an Menhan untuk membicarak­an kurikulum pertahanan atau bela negara tersebut di hadapan seluruh maba.

”Kurikulum ini kami gunakan untuk membina mahasiswa dalam rangka mencintai tanah air. Kami harus mewarnainy­a sesuai dengan kampus bela negara. Penguatan karakter tentang antinarkob­a, antiradika­lisme, dan antiterori­sme,” katanya.

 ?? ROBERTUS RISKY/JAWA POS ?? WAWASAN KEBANGSAAN: Ryamizard Ryacudu mengisi kuliah umum di UPN Veteran Jatim kemarin.
ROBERTUS RISKY/JAWA POS WAWASAN KEBANGSAAN: Ryamizard Ryacudu mengisi kuliah umum di UPN Veteran Jatim kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia