Jawa Pos

Diawali Bangun Area Hijau dan Playground

Pembuatan Taman Kedinding di Kenjeran

-

SURABAYA, Jawa Pos – Taman Kedinding di Kecamatan Kenjeran segera dibangun. Rencananya, ruang terbuka hijau (RTH) terbesar di Surabaya Utara itu dikerjakan secara bertahap. Tahun ini hanya ada anggaran Rp 1 miliar untuk pembanguna­n area hijau dan tempat bermain.

Berdasar data yang didapat Jawa Pos, proses lelang pembanguna­n taman sudah memasuki masa sanggah. Tidak lama lagi, tender bakal selesai. Pemkot menargetka­n pembanguna­n taman di eks lahan Pasar Kedinding digarap bulan ini.

Kepala Seksi RTH Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Surabaya Rochim Yuliadi menjelaska­n, RTH akan dibikin seperti Taman Bungkul. Selain area hijau, ada sejumlah fasilitas lain untuk menarik masyarakat. Antara lain, playground, jogging track, air mancur, dan gazebo. ”Ke depan juga ada sentra wisata kuliner (SWK). Sekarang masih dirancang berapa kapasitas pedagangny­a,” katanya.

Menurut dia, fasilitas tersebut diharapkan mendorong masyarakat untuk berkunjung ke taman itu. Dengan begitu, taman akan terus hidup dan terawat. Rochim menjelaska­n, pembanguna­n taman tersebut akan dimulai dari di sisi barat. Yakni, lahan yang berdekatan dengan Jalan Kedung Cowek.

Anggaran Rp 1 miliar digunakan untuk membuat area hijau dan playground seluas 1.600 meter persegi. Menurut dia, saat ini pemerintah sedang mengebut penataan lahan. Yaitu, pengurukan hingga setinggi 1 meter. Hal itu dilakukan agar permukaan taman tidak lebih rendah daripada jalan raya.

Pemkot menilai pembanguna­n Taman Kedinding tersebut cukup penting. Bukan hanya sebagai ruang publik, pembanguna­n itu juga dilakukan untuk mendorong kunjungan ke pasar yang berada di sebelahnya. Keberadaan taman tersebut diharapkan mengubah kesan kawasan utara yang dikenal gersang.

Selain itu, pembanguna­n taman bertujuan membuat kawasan Kenjeran dan sekitarnya lebih fresh.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia