Jawa Pos

Hilangkan Prinsip Sekali Pakai

-

SEPERTI apa sebenarnya konsep zero waste itu? Apakah bisa benarbenar nol sampah? Menurut founder The Heart Project Lessa Gresh, konsepnya adalah bagaimana memaksimal­kan barang yang sudah ada agar tidak menjadi sampah. ”Karena kita nggak mungkin mengubah gaya hidup semua orang besok. Yang ada, kita harus realistis,” tuturnya. Bagaimana lebih bijak dalam memanfaatk­an barangbara­ng yang sudah ada.

Misalnya, penggunaan tas kresek. ”Mungkin pas lagi shopping kebetulan nggak bawa tas. Mau nggak mau pakai kresek. Nah, yang tidak bertanggun­g jawab di sini adalah jika tas kresek itu hanya dipakai sekali,” urai Lessa.

Dengan kata lain, kegunaan tas kresek tersebut harus dimaksimal­kan. Kalau memang masih bisa digunakan lagi di kemudian hari, hal itu juga tetap bisa mengurangi sampah. ”Prinsip sekali pakai itu harus dihilangka­n. Soalnya, hal seperti itu tidak memaksimal­kan sumber daya yang ada,” terangnya.

Mungkin penggunaan plastik memang bukan hal yang bagus karena tetap membutuhka­n waktu yang sangat lama untuk penguraian­nya. ”Tapi, menggunaka­nnya berkalikal­i bisa jadi salah satu cara untuk memperpanj­ang masa pemanfaata­n,” terangnya.

Contoh lain, penggunaan sikat gigi dari kayu atau bambu. Bukan berarti langsung membuang semua sikat gigi plastik yang sudah dibeli dan masih layak pakai. Namun, lebih baik dimaksimal­kan dulu penggunaan­nya. ”Kalau sudah rusak atau tidak bisa dipakai lagi, artinya ada opsi untuk memilih bahan yang lebih ramah lingkungan,” sambungnya.

Selain itu, ada lagi yang bisa dilakukan sebagai langkah meminimalk­an sampah. Yaitu, memaksimal­kan penggunaan barang-barang yang susah diurai dengan mengolahny­a menjadi barang baru. Lessa yang juga bergerak di bidang kreatif mengolah berbagai sampah jadi barang ”baru” yang punya manfaat baru. Misalnya, kapsul kopi dijadikan aksesori, wadah plastik jadi mainan dan tas belanja, serta limbah tekstil yang dikreasika­n jadi tempat gantungan aksesori.

 ??  ?? Lessa Gresh
Lessa Gresh

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia